Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Resep dan Cara Membuat Masakan Daging Sapi

Resep dan Cara Membuat Masakan Daging Sapi / Resep masakan tongseng / cara memasak tongseng daging sapi / Resep Masakan daging sapi / Resep Masakan daging kambing / Rendang Daging sapi

Resep dan Cara Membuat Masakan Daging Sapi

Cream sari - Mendekati bulan haji seperti ini akan banyak dari teman sahabat dan bahkan kita sendiri mempersiapkan masakan yang akan dibuat saat dapat pembagian daging Qurban nanti. Dan masakan daging sapi menjadi salah satu favorit saya untuk dibuat tongseng atau dibuat sate. Dan kalau anak saya jelas saja menyukai sate dari pada tongseng. Nah, untuk kali ini akan saya bagi resep masakan cara membuat tongseng yang lezat untuk sahabat semua.

Untuk membuat tongseng tentu saja akan lebih nikmat jika yang kita gunakan adalah daging sapi segar. Dan momen yang paling cocok untuk masak tongseng adalah seperti pada bulan ini. Sehingga tidak diragukan lagi kesegaran daging sapi yang mungkin sampai jatahnya kerumah kita. Bisa saja kita beli dipasar atau toserba, namun kita tidak tahu kesegaran daging yang kita beli, sehingga dapat mempengaruhi rasa tongseng atau masakan yang kita masak.

Macam-macam resep masakan daging sapi

A. Tongseng Daging Sapi
Berikut ini adalah masakan daging sapi yang dibuat tongseng menjadi resep yang pertama, dimana resep ini selalu dicari oleh sahabat yang ingin memanfaatkan daging Qurban sebagai menu masakan yang lezat. Adapun bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

 - 500 gr daging sapi segar, dipotong sesuai selera
- 150 gr daun kol
- 2 lembar daun salam
- 1 sdm air asam
- 1 batang serai, memarkan
- 5 sdm kecap manis
- 20 butir cabai rawit
- 6 buah bawang merah, iris tipis-tipis
- garam dan gula pasir secukupnya

Adapun untuk bumbu membuat tongseng adalah sebagai berikut :
- 3 siung bawang putih
- 1 sendok teh merica bulat
- 1 sendok teh ketumbar sangrai
 - 1 sendok teh jahe
 - 1/2 sendok makan irisan lengkuas

Cara membuat tongseng daging sapi :
1. Tumis bawang merah dengan 3 sendok makan minyak goreng sampai menguning
2. Masukkan bumbu-bumbu halus, daun salam dan serai
3. Setelah harum, masukkan daging sapi dan masak hingga berubah warna
4. Masukkan air, kecap manis dan air asam, masak sampai daging melunak
5. Sebelum kuah habis, masukkan kol, cabe rawit , garam dan gula pasir
6. Cicipi rasa sesuaikan selera, selesai

Masakan tongseng diatas sangat nikmat dan lezat disajikan saat masih dalam keadaan yang panas, apalagi makan bareng keluarga dirumah. Tentu saja akan lebih mantap.

B. Rendang Daging Sapi
Apakah sahabat widji pernah membuat rendang daging ayam? Mungkin pernah membuat dan tentu saja lebih mudah, karena daging ayam mudah diolah tanpa harus di empukkan/dilunakkan terlebih dahulu. Nah, jika anda memasak rendang daging sapi, maka daging harus dibuat empuk agar mudah dicerna saat makan. Jangan sampai ada teriakan "sandal" pada masakan rendang anda. Dan inilah yang kadang diceritakan oleh suami saat makan di catering terkait masakan rendang yang dagingnya keras.

Untuk mengempukkan daging sapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan, cara tersebut seperti dibawah ini :
1. Simpan dalam freezer. Caranya, cuci daging dengan air yang mengalir. Bumbui daging sesuai dengan menu masakan, simpan dalam wadah tertutup sampai kita butuhkan daging tersebut.
2. Bungkus dengan daun pepaya. Caranya, cuci daging dengan air yang mengalir. Bumbui daging sesuai dengan menu masakan, bungkus dengan daun pepaya muda yang sudah diremas-remas, diamkan kurang lebih 60 menit sebelum diolah. Jika sudah dibumbui maka akan membantu proses peresapan bumbu pada daging.
3. Dengan parutan nanas. Caranya, cuci daging dengan air yang mengalir. Lumuri sambil diremas-remas dengan nanas yang sudah diblender. Diamkan selama 30 menit sebelum dimasak.
 4. Dengan bumbu instant. Cara menggunakannya cukup mudah juga, cuci dahulu daging dengan air yang mengalir, dan lumuri dengan bumbu sambil diremas-remas. Diamkan beberapa saat. Tidak usah terlalu banyak dan baca aturan pakainya.

Dengan cara mengempukkan/melunakkan daging seperti diatas maka tidak akan membingungkan kita ketika ingin menjadikan daging sapi sebagai masakan rendang yang nikmat dan lezat. Adapun resep masakan rendang daging sapi pedas seperti pada dibawah ini :

Persiapan bahan :
- 1 Kg daging sapi potong berbentuk dadu
- 2 buah kelapa dan ambil santanya
- 1 ruas lengkuas, memarkan
- 1 batang serai, memarkan
- 1 lembar daun kunyit
- 1 sdt garam
- 1 setengah sdt gula

Bumbu halus :
- 15 bawang merah
- 5 bawang putih
- 1 sdm ketumbar
- 5 cm kunyit
- 5 buah cabai merah ukuran besar
- 15 cabai kecil sesuai selera

Setelah semua bahan dan bumbu siap, maka cara memasak rendang daging sapi pedas dapat dilakukan sebagai berikut ini :

1. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai dan daun kunyit hingga harum dan kering.
2. Masukkan potongan daging dan tumis hingga daging setengah matang. Masukkan santan, aduk hingga santan mengering dan daging benar-benar empuk.
3. Sajikan selagi hangat.

NOTE: Pedas dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, atau anda bisa membuat sambal sendiri untuk mendapatkan rasa pedas yang lebih mantap.

Tidak sulit untuk resep dan cara membut masakan daging sapi ini, dan untuk mencobanya bisa menggunakan daging yang lain dahulu seperti daging ayam. Pada masakan daging sapi yang terpenting adalah bagaimana cara mengempukkan daging sapi yang terkenal ulet, sehingga akan lebih mudah untuk melanjutkan cara memasak yang anda lakukan.

cream sari

0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih