Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Toko Online

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Toko Online / Masalah toko online / Toko online murah

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Toko Online

Cream sari - Dalam menjalankan toko online sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Banyak masalah dan kendala yang biasa terjadi ketika toko online anda sudah membesar atau jualan online anda mulai menunjukkan tingkat penjualan yang lumayan banyak. Dan hal ini ternyata tidak dialami oleh satu atau dua teman yang mengalami berbagai masalah yang ada. Sehingga beberapa masalah ini harus bisa diselesaikan dengan baik dan tuntas agar tidak menimbulkan masalah lain yang semakin menumpuk.

Seringkali kita melihat bahwa menjalankan toko online yang ramai pembeli itu enak, banyak untung atau seperti tidak ada masalah. Padahal dalam perjalanan melakukan jual beli online, akan ada pembelajaran yang memberikan ilmu untuk mengatasi masalah seiring dengan waktu jual beli tersebut dilakukan. Beberapa masalah terkait konsumen/reseller juga banyak terjadi dan sangat penting untuk dijadikan pembelajaran selanjutnya.

Masalah Pengiriman Barang pada Konsumen

Jika anda merupakan salah satu orang yang suka membeli dengan online, maka anda bisa melihat dan memperhatikan bagaimana barang itu sampai pada anda, jasa paket dan bagaimana kemasan atau packing yang digunakan untuk membungkus barang anda. Sehingga barang yang anda pesan, benar-benar aman sampai ke tangan anda. Sesuai dengan waktu estimasi jasa paket terkait.

Kemasan atau packing yang baik adalah yang dapat melindungi barang dari bahaya yang mungkin timbul saat pengiriman terjadi. Walaupun kadang ada beberapa konsumen yang minta untuk dikemas dengan kertas kado agar terlihat lebih rapi, namun tidak mengurangi keamanan dari barang pesanan tersebut.

Nah, jika anda sebagai toko online maka harus siap dengan segala resiko yang terjadi akibat pengiriman barang ke konsumen seperti :

1. Barang pecah, rusak, hancur atau hilang, harus segera kita ganti/kirim ulang. Masalah ini harus anda sikapi dengan bijak dan kepala dingin dan  harus siap mengganti pada konsumen sesuai dengan pesanan barang tersebut. Barang atau paket yang hilang, kita bisa mengajukan claim pada paket jasa terkait untuk mengganti barang sesuai dengan harga. Sebagai contoh silahkan lihat Cara Klaim paket yang hilang seperti yang saya alami beberapa waktu lalu dan mendapatkan ganti dari jasa terkait. Meskipun penggantian tidak penuh sesuai dengan harga barang, menurut saya masih lebih baik dari pada tidak diganti sama sekali. Kecuali barang yang kita kirim memakai asuransi, maka akan mendapatkan penggantian penuh.

Untuk barang yang rusak, pecah atau hancur, sering kita alami namun belum pernah melakukan claim pada jasa terkait.


2. Barang terlambat datang tidak sesuai dengan estimasi yang ditentukan jasa paket, cek pada web atau telp pada jasa paket sampai/dimana barang tersebut berada. Hal yang biasa terjadi ketika pesanan konsumen tidak kunjung datang, biasanya akan melakukan konfirmasi bahwa barang belum datang dan konsumen minta nomor resi pengiriman. Ada juga yang marah-marah, kenapa belum sampai, katanya sekian hari, ini sudah seminggu (padahal baru 3 hari) dan beberapa ungkapan lain dengan berbagai bentuk yang berbeda. Sebenarnya setiap konsumen bisa melakukan pengecekan sendiri dimana barang pesanan tersebut berada, namun sebagian konsumen masih berpendapat kalau barang belum diterima masih menjadi tanggung jawab toko online. Padahal tidak demikian, karena sudah berada pada jasa paket. Namun, sebuah toko online masih berbaik hati untuk melakukan pengecekan dan memantau barang tersebut berada.

3. Penulisan nama dan alamat yang rapi dan jelas. Jika belum punya printer untuk setting form nama dan alamat, sebaiknya gunakan kertas buku tulis yang ada garis-garisnya. Sehingga terlihat lebih rapi dan tulisan lurus tidak naik turun. Hal ini penting sekali untuk dilakukan sebuah toko online dalam membangun brand atau nama yang baik.

Masalah pelayanan dalam memberikan tanggapan pada setiap customer baru

Sering kita dapati ketika ingin melakukan belanja online adalah bertanya pada customer service toko online yang tercantum pada nomer kontak yang tersedia. Sehingga kita berharap ketika menghungi nomer kontak tersebut, segera mendapatkan balasan dan penjelasan yang cepat dan tepat sesuai yang kita butuhkan. Keberadaan CS sangat penting untuk membantu kelancaran toko online kita. Permasalahan yang biasa timbul adalah seperti dibawah ini :

1. Tidak segera memberikan tanggapan atau balasan ketika seseorang menghubungi untuk menanyakan berbagai macam hal terkait produk yang akan dibeli. Hal ini memberikan rasa yang kurang nyaman untuk calon customer yang baru, namun bagi pelanggan atau reseller yang sudah kenal akrab, saya rasa tidak akan berpengaruh besar yang penting dijawab. Masalah ini muncul karena beberapa sebab, seperti :

a. Tidak punya Customer Service sendiri, sehingga toko online dipegang oleh owner atau yang punya toko online sendiri. Padahal, owner toko online juga punya kesibukan yang tidak sedikit. Apalagi biasanya hanya merupakan sambilan sebagai ibu rumah tangga yang mengurusi berbagai kebutuhan dirumah. Baik untuk anak-anak dan juga suami. Sehingga tidak selalu online sekedar menunggu dan langsung dengan cepat menjawab calon customer yang menghubungi atau bertanya.

b. Pertanyaan yang masuk terlalu banyak sehingga memerlukan waktu untuk menjawab satu persatu baik dari BBM, SMS atau bahkan telpon yang masuk. Ini bisa juga karena dampak dari point a diatas. Walaupun begitu, kita harus menyediakan waktu untuk memberikan jawaban dan tanggapan secepat mungkin ketika komunikasi dengan customer dimulai untuk yang kedua, biasanya melalui chat BBM. Gunakan autotext untuk beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan terkait produk, sehingga menghemat waktu. Untuk pertanyaan melalui sms, usahakan seminim mungkin karena biasanya lebih lama memakan waktu dan giring mereka untuk menghubungi melalui BBM (jika punya). Begitu juga yang melalui telpon langsung, karena biasanya calaon customer yang menelpon tidak cukup 1-5 menit untuk bertanya seputar produk, bahkan bisa jadi lebih dari 15 menit. Tentu saja hal ini memakan waktu yang cukup lama. Dimana seharusnya bisa menjawab beberapa BBM dan SMS yang masuk, ini hanya menanggapi dan menjawab penelpon yang masuk. Padahal belum tentu mereka jadi beli.

c. Masalah teknis terkait dengan operator yang digunakan atau gangguan. Tidak selamanya operator atau penyedia layanan komunikasi selalu baik lancar dan tidak mengalami gangguan. Meskipun ini bukan murni dari ouwner toko online, masih ada saja yang tidak mau tahu dengan kondisi ini. Mereka masih marah-marah ketika dijelaskan kondisi yang sesungguhnya terkait layanan penyedia komunikasi. Dan ini hal biasa yang akan toko online alami, yang penting mereka sudah transfer dan membeli barang pada kita. Tidak lupa berikan permintaan maaf pada mereka.

2. Punya CS atau Customer Service, namun kurang baik dalam memberikan kenyamanan bagi customer atau pelanggan. Karena mereka berfikir, bahwa apa yang mereka kerjakan bukan merupakan bagian dari milik mereka dan mereka dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik dan ramah walaupun dengan gaji yang minim. Sehingga tidak sedikit owner toko online yang memberhentikan mereka dan kembali melayani customer sendiri, walaupun dengan ratusan bahkan ribuan customer yang sudah jadi langganan.

3. Pesanan customer terlewat. Efek dari nomer 2 diatas adalah bisa terjadi adanya pesanan yang terlewat untuk dibungkus atau dikirim. Biasanya toko online akan ingat ketika customer menanyakan perihal barang yang dipesan, entah nomer resi atau kiriman yang telat datang. Dan ketika dilakukan pengecekan ternyata barang belum terkirim. Nah, disinilah anda harus melakukan pengiriman secepat mungkin, kalau perlu menggunakan paket kilat atau YES jika di JNE.

Masalah pembukuan toko online yang mendata pengeluaran barang

Saya hanya menulis data untuk pengeluaran karena saya anggap toko online sudah punya stock barang sendiri, sehingga mempunyai jumlah stock yang cukup untuk beberapa minggu atau bulan kedepan. Berbeda jika anda melakukan dropship pada toko online lain, maka pendataan penjualan pada toko online anda harus lebih detail lagi pada tiap produknya.

Pendataan ini terkait dengan jumlah barang yang terjual, modal, profit dan juga customer atau reseller anda. Dengan memiliki pendataan yang detail maka anda bisa mengetahui dengan baik cash flow penjualan anda, bukan hanya keuntungan saja yang diperoleh namun pengelolaan keuangan yang detail.

Toko online biasanya tidak hanya mempunyai 1 macam produk saja, namun juga memiliki bermacam produk lain yang sekiranya laris untuk dipasarkan. Dengan pendataan yang baik, akan kita temukan beberapa parameter dalam toko online kita :

1. Jumlah produk yang terjual dalam rentang waktu 1 bulan. Dengan memiliki data yang akurat makan anda bisa menentukan belanja bulanan atau mingguan untuk penjualan selanjutnya. Semakin banyak barang yang bisa kita jual tentu saja akan semakin banyak stock yang harus kita siapkan.

2. Dapat mengetahui customer dan reseller yang melakukan pembelian dalam rentang waktu 1 bulan. Hal ini untuk memberikan mereka gift/bingkisan ketika ada moment yang tepat untuk berbagi, seperti saat bulan Ramadhan, tahun baru, atau akhir tahun. Customer atau langganan yang sering melakukan pembelian patut kita beri bingkisan, sebagai rasa terima kasih atas kepercayaan mereka pada toko online kita. Sehingga mereka bisa jadi tidak berpaling ke lain hati. Begitu juga dengan reseller, semakin banyak mereka melakukan pembelian yang kontinue, maka semakin banyak pula bingkisan yang kita bisa kita berikan. Semua ini bisa kita tentukan ketika kita mempunyai pendataan yang baik dan jelas.

3. Dapat mengetahui produk yang paling banyak diminati dan layak untuk kita pertahankan bahkan kita tingkatkan penjualan dengan berbagai sarana promosi. Begitu juga untuk beberapa produk yang mengalami penurunan penjualan, bisa kita pertajam kembali iklan/promo agar penjualan meningkat lebih baik.

Masih banyak lagi masalah yang biasa terjadi pada toko online yang lain. Semakin dalam anda mendalami cara jual beli online, maka akan semakin tahu berbagai masalah lain yang tidak saya sebutkan diatas. Nah, bagi sahabat yang sudah bisa menghasilkan jutaan rupiah tiap bulan dan ingin menambah lagi penghasilannya, silahkan bersedekah. Tidak kurang rejeki karena bersedekah dan silahkan cek sendiri di google. Terima kasih semoga bermanfaat.

toko online murah
Cream sari kosmetik pemutih wajah aman BPOM

0 komentar:

Poskan Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih