Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Menu Makanan Sehat Saat Tepat Untuk Berpuasa

Menu Makanan Sehat Saat Tepat Untuk Berbuka Puasa - Resep makanan berbuka / Menu Resep Makanan / Waktu berbuka Puasa / Menu Berbuka puasa

Menu Makanan Sehat Saat Tepat Untuk Berpuasa

Cream sari - Menu berbuka puasa ataupun sahur merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan puasa yang sehat bagi tubuh dan memberikan kekuatan untuk melanjutkan puasa pada hari selanjutnya. Kita ingat bahwa puasa adalah kewajiban yang dilakukan bagi orang-orang yang beriman. Sehingga jika anda mendapati seseorang yang tidak puasa ada kemungkinan; mereka punya halangan yang membolehkan untuk berbuka atau mereka memang sengaja tidak berpuasa dengan alasan yang dibuat-buat. Alasan yang dibuat-buat inilah yang membuat mereka disebut tidak beriman. Sedangkan halangan orang berpuasa seperti sakit, haid, hamil, menyusui dan semua itu ada kewajiban membayar hutang puasa setelah tidak lagi mendapatkan halangan itu.

Namun disini akan kita bahas tentang menu makanan yang tepat saat berpuasa, baik untuk sahur dan berbuka puasa. Banyak diantara kita yang tidak memperhatikan makanan yang baik saat berbuka puasa. Mereka biasanya mencari menu makanan yang hanya bisa menyegarkan sesaat dan bahkan tidak bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka, setelah menjalankan puasa sehari penuh. Begitu juga dengan menu saat sahur, bukan yang hanya membuat kenyang di perut saja namun harus juga mengandung gizi dan menghindari berbagai makan yang kurang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Menu berbuka puasa yang tepat untuk kesehatan tubuh setelah puasa

Sudah sering kita mendengar untuk berbuka puasa dibutuhkan makanan atau minuman yang manis guna memberikan energi kembali untuk tubuh kita. Nah, yang menjadi masalah adalah makanan manis seperti apa yang harus dikonsumsi untuk memberikan manfaat bagi tubuh kita? Kebanyakan dari kita saat berbuka puasa menggunakan minuman es yang manis, manisan, kolak dan makanan manis yang lain. Tidak diragukan lagi bahwa berbagai makanan dan minuman yang seperti ini mengandung kadar gula yang tinggi.

Gula merupakan jenis karbohidrat sederhana, artinya sangat mudah dipecah dan dicerna menjadi gula darah. Hasilnya, bila gula dikonsumsi secara berlebih, maka gula darah akan melonjak dalam tubuh dan membuat orang mudah mengantuk, lemas dan menimbun lemak. Sehingga tidak heran kita sering mengantuk saat melakukan shalat tarawih.

Jadi untuk menu berbuka puasa yang tepat dan sehat adalah sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan seperti makanan diatas dan bisa diganti dengan Kurma yang lebih menyehatkan tubuh. Idealnya, buka puasa dengan makan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang membuat gula diserap tubuh secara perlahan. Karbohidrat kompleks akan lebih lambat dipecah atau dicerna menjadi gula darah, dengan demikian gula darah akan tetap stabil (tidak mengalami fluktuasi yang tinggi). Selain itu karbohidrat kompleks juga sangat membantu proses metabolisme energi tubuh. Dan saat melakukan shalat Isya' atau tarawih tidak akan mengalami ngantuk dan lemas. Dan setelah itu bisa melakukan makan besar.

Menu makanan sahur yang tepat untuk mendapatkan kekuatan menghadapi rasa lapar dan haus

Banyak menu makanan yang bisa anda gunakan untuk makan sahur. Yang jelas dalam sahur ada kebaikan yang tidak akan didapatkan jika kita tidak makan sahur. Anda bisa memilih makanan dengan karbohidrat yang lambat dicerna oleh tubuh sehingga rasa kenyang lebih lama akan anda rasakan dalam perut. Nah, makanan itu bisa anda dapatkan dari nasi, jagung atau gandum. Pilihan yang tepat untuk kita dan merupakan makanan sehari-hari adalah dengan mengkonsumsi nasi.

Dan yang perlu diwaspadai saat makan sahur adalah menu atau minuman pendamping yang kurang tepat saat puasa seperti minuman Teh. Teh kurang bagus untuk tubuh saat puasa apalagi ditambah dengan rasa yang manis, sehingga anda harus mengurangi minuman ini dan mengganti dengan air putih yang lebih sehat.Teh yang manis bersifat deuretik yang menyebabkan kita sering kencing. Sehingga tubuh akan kehilangan cairan seiring dengan keluarnya air kencing. Padahal cairan tubuh saat puasa begitu penting untuk dipertahankan dan jika kurang cairan tubuh lemas dan rasa haus terasa lebih besar.

Bagaimana menu makanan anda saat berpuasa? Carilah menu saat sahur dan berbuka yang tebaik untuk kesehatan tubuh anda dan kurangi minuman yang terlalu manis mengandung banyak gula. Lebih baik mengkonsumsi buah-buahan yang masih segar selama rentang berbuka sampai sahur untuk mendapatkan energi dan kesehatan tubuh selama puasa. Salam sehat.


0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih