Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Mitos Tentang Kesehatan yang Perlu Anda tahu

mitos kesehatan

Mitos Tentang Kesehatan yang Perlu Anda Tahu – Beberapa orang sudah terlanjur mempercayai mitos yang menyesatkan ini yang sebenarnya tidak bisa dibuktikan dengan cara ilmiah. Walaupun begitu kita juga tidak boleh meremehkan dalam beberapa mitos yang ada. Pada artikel sebelumnya tips dan cara merawat v agar tetap sehat merupakan salah satu tips kesehatan tersendiri yang mungkin layak untuk anda baca.

Adapun mitos tentang kesehatan tersebut terangkum dalam beberapa rangkaian tulisan sebagai berikut ini :
1. Hawa dingin membuat rentan penyakit flu. Kesimpulan bahwa kedinginan ternyata tidak berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian pernah dilakukan di Common Cold Research Unit, Salisbury, Inggris, di mana sekelompok relawan diinokulasi dengan virus selesma yang didekatkan ke hidung mereka. Setengah kelompok ditempatkan di ruangan yang hangat sedangkan sisanya mandi dan basah kuyup selama setengah jam, kemudian berpakaian tapi memakai kaus kaki basah selama beberapa jam lagi. Kelompok basah tidak terkena flu lebih banyak daripada kelompok kering. Bagaimana menurut anda?

2. Minum air dapat mengatasi cegukkan. Secara medis, tidak ada bukti efektivitas meminum air atau menahan nafas dalam mengatasi cegukan. Sebaliknya, menurut rekomendasi lama dari New England Journal of Medicine (1971), menelan sesendok butiran gula pasir justru lebih efektif. Menurut studi itu, taktik ini berhasil menghentikan cegukan pada 19 dari 20 pasien. Kalau saya memang tetap berpegang pada memberikan minuman saat cegukkan saat makan yang kering.

3. Kita hanya menggunakan 10 % dari otak kita. Sejumlah studi pencitraan otak telah menunjukkan bahwa tidak ada satu wilayah pun di otak yang benar-benar diam atau tidak aktif.  Pencitraan otak secara rinci telah gagal mengidentifikasi 90 persen isi otak yang “tidak termanfaatkan”. Mitos bahwa otak kita baru sebagian kecil saja yang dimanfaatkan mungkin berasal dari para penjual yang mencoba menawarkan “inovasi baru” dalam meningkatkan kemampuan otak. Mungkin saat ini baru kita sadari bahwa semua kembali ke bisnis. Menurut anda sendiri?

4. Mencukur rambut dapat menyebabkan tumbuhnya rambut lebih cepat. Seperti dalam beberapa tempat salah satunya kumis atau jenggot. Pernah suatu ketika mendengar seorang teman berbicara bahwa jika kumis di cukur maka akan meyebabkan pertumbuhan selanjutnya lebih cepat. Hal ini tentu saja tidak benar, karena mencukur rambut tidak akan mempengaruhi tekstur rambut maupun kecepatan tumbuhnya.

5. Membaca dalam gelap akan merusak mata. Kalau ini saya alami sendiri waktu kecil, dimana orang tua memberitahukan kalau belajar ditempat yang terang biar mata tidak rusak. Ya, memang sakit, itu karena lelah saja. Akan tetapi tidak merusak mata. Lain halnya jika anda membaca ditempat yang terlalu terang.

6. Cara untuk menjadi langsing adalah dengan sedikit makan. Jika Anda makan sangat sedikit, berat badan Anda akan turun cepat, yang tampaknya sangat efektif. Tapi dalam jangka panjang hal itu buruk bagi kesehatan maupun berat badan Anda. Jika Anda makan terlalu sedikit, Anda akan kekurangan vitamin dan mineral sehingga lemah dan lelah. Tubuh Anda akan kekurangan energi yang diperlukan dan akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar lemak otot. Metabolisme tubuh juga melambat, karena massa otot berkurang membuat pembakaran lebih lambat.

Tubuh Anda menjadi sangat efisien. Bila Anda kemudian putus diet dan makan lebih banyak (mayoritas orang melakukannya), maka kombinasi efisiensi dan asupan kalori berlebih akan membuat berat badan Anda cepat naik kembali. Seringkali berat Anda lebih dari sebelumnya. Ini sering disebut efek yoyo. Cara terbaik menjadi langsing adalah dengan program bertahap yang mengkombinasikan penurunan asupan kalori dan peningkatan pembakarannya. Nah, bagaimana dengan anda?

7. Kompres dengan air dingin ketika tubuh sakit. Ini adalah yang umu dan biasa orang lakukan. Mereka berfikir ketika tubuh panas, maka harus didinginkan. Namun perlu diketahui bahwa, tubuh kita punya reaksi yang berlawanan. Jika tubuh luar kita tempel dengan yang dingin, maka secara otomatis otak akan memberikan perintah pada tubuh untuk menghangatkan. Padahal tubuh itu sendiri sedang panas. Dan menggunakan air hangat adalah hal yang sesuai.

Demikian mitos tentang kesehatan yang perlu anda tahu sebagai informasi yang mungkin bermanfaat dan tidak menyesatkan. Kesehatan merupakan satu nikmat yang patut untuk selalu kita syukuri. Dengan menjaga pola makan dan hidup teratur serta selalu menambah wawasan untuk kesehatan otak kita. Tidak ada orang yang ingin kaya, cantik, ganteng dan mesra tetapi sakit-sakitan. Tentu saja harapan kita selalu sehat dan tetap cantik. Salam sehat selalu, widjiume

1 komentar:

  1. Wow... keren banget. Baru tahu juga aku. Klw informasi medis saja banyak mitos bahkan untuk kepentingan bisnis, bisa bahaya banget dong yah.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih