Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Penyebab Gangguan Dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Penyebab Gangguan Dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara / Anak susah bicara / Bicara anak tidak lancar / Anak Terlambat Bicara / Bicara Anak terlambat / Mengatasi anak yang terlambat bicara

Penyebab Gangguan Dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Cream sari - Penyebab gangguan dan cara mengatasi anak terlambat bicara. Pada usia normal 1,5 tahun seorang anak seharusnya sudah bisa mengucapkan minimal 5 kata secara konsisten. Kata yang biasa diucapkan seperti mama, papa, umi, abi, nggak, ya, itu, ini dan lain-lain. Dan ketika umur sudah memasuki 2 tahun anak sudah dapat menyusun kata sederhana dalam kalimat yang pendek.

Anak yang tergolong lambat dalam bicara biasanya jika sudah mencapai umur 2 atau 3 tahun dan belum lancar dalam mengucapkan kata-kata atau hanya berbicara sepotong-sepotong kata tanpa rangkaian kalimat yang jelas. Padahal sesuai dengan tahap perkembangannya, anak seusia ini sudah dapat menggunakan beberapa kosa kata dalam pengucapannya.

Terlambat bicara bukan kelainan

Dalam beberapa kasus anak yang terlambat bicara merupakan hal yang wajar dan bukan merupakan kelainan atau penyakit aneh. Ternyata beberapa anak dari teman saya juga mengalami hal yang sama. Diantara mereka ada yang sudah mencapai umur  5 tahun, baru bisa bicara dengan lancar. Bahkan sebelumnya sudah masuk sekolah TK dan belum bisa bicara kecuali sepotong-sepotong kata saja. Ada lagi beberapa anak yang memang mengalami keterlambatan bicara padahal umurnya sudah hamper 5 tahun.

Meskipun masalah bicara yang di alami anak bukan merupakan kelainan, namun membuat hati orang tua was-was dan merasa kasihan terhadap anak. Anak hanya bisa mengucapkan kata-kata yang tidak jelas sambil nangis bahkan teriak-teriak. Dalam beberapa kasus hal ini biasanya dialami oleh anak laki-laki.

Anak yang terlambat bicara biasanya lebih suka berekspresi lewat gerakan, senyuman, teriak dan tangisan, namun jarang menyampaikannya secara verbal dengan  kata-kata. Dalam istilah kedokteran disebut dengan ADHAD (Attention Deficit and Hiperactivity Disorder). Anak terlalu aktif bergerak sehingga anak kurang konsentrasi dan fokus yang memperlambat proses imitasi/meniru.

Jika anak terlambat bicara

1.  Tidak perlu panik dengan kondisi anak jika tidak ada kelainan yang lain selain bicara. Cobalah cari informasi pada teman-teman anda terkait anak yang terlambat bicara untuk memperkaya informasi, sebelum memutuskan pergi ke Dokter spesialis. Sehingga anda lebih tenang dan tidak kuatir atau panik lagi.

2. Sediakan waktu untuk mengajak anak berkomunikasi aktif, meskipun anak belum mampu berbicara. Terutama pada masa BATITA dimana masa ini adalah anak suka meniru termasuk juga mengucapkan kata-kata orang yang ada didekatnya.

3. Jika ini anak anda yang pertama, ajak mereka untuk bermain dengan teman yang lain bisa tetangga sebelah dan atau saudara. Karena belum punya kakak yang bisa diajak berkomunikasi secara langsung

4. Selalu mengajari anak setiap aktifitas yang dia lakukan dengan kata dan intonasi yang jelas. Misal saat makan, yang kita ajarkan “Makan” bukan “Maem atau mamam”, “minum” bukan “mimik atau num”, “susu” bukan “cucu” dan seterusnya.

Faktor yang menyebabkan anak terlambat bicara atau susah bicara

Anak yang terlambat bicara diakibatkan oleh beberapa faktor, yang menjadi pemicu anak sulit untuk bicara. antara lain seperti :

a. Anak mengalami gangguan pada pendengarannya. Tentu hal ini menyebabkan anak sulit untuk mendengar, memahami, meniru dan selanjutnya menggunakan bahasanya. Masalah pendengaran anak biasanya disebabkan adanya infeksi telinga.

b. Perkembangan otak pada anak terhambat. Untuk menghasilkan bicara dibutuhkan syaraf dan oral-motor yang ada diotak, ketika ada gangguan didaerah otak yang menghasilkan bicara akan menyebabkan ketidak efisien sehingga anak kesulitan untuk menggunakan bibir, lidah dan rahang mulut yang berfungsi untuk menghasilkan suara.

c. Kurang komunikasi dan interaksi antara orang tua dan anak. Banyak orang tua yang tidak  menyadari pentingnya komunikasi secara langsung dengan mengajak bicara  pada anak. Sehingga seringnya mengajak anak untuk berbicara akan menstimulasi anak untuk menirukan dan menambah kosa kata dalam bahasanya.

d. Faktor TV juga dianggap sebagai penyebab anak terlambat bicara. Tidak ada penelitian yang menunjukkan hal ini. Namun efek dari TV yang selalu anak-anak tonton kurang baik untuk perkembangannya. Banyak tayangan yang tidak semua baik untuk budi pekerti dan akhlak anak, untuk itu batasi dan awasi dalam menonton tayangan TV.

Dalam beberapa pandangan orang tua, bahwa keterlambatan anak untuk berbicara memang tergantung dari anak itu sendiri. Perkembangan anak berbeda-beda antara satu dengan yang lain, sehingga tidak bisa disamakan semua. Yang jelas perlu adanya belajar dan berlatih terus menerus sampai lancar. Periksakan ke dokter anak jika berbagai cara sudah anda tempuh untuk mengajari anak dan tidak ada perubahan pada anak. 
NB : Anak saya saat ini juga mengalami terlambat bicara, saat menulis artikel ini umurnya sudah  2 tahun 2 bulan. Dan kami terus mencoba untuk mengajak komunikasi, dan mengajari kosa kata yang mudah seperti kata mama, papa dll. Semoga anak-anak kita segera lancar dalam berbicara dan sehat cerdas selalu. Aamiin.
Semoga penyebab gangguan dan cara mengatasi anak terlambat bicara bermanfaat buat sahabat semua. Lihat juga tentang "Virus penyakit anak yang sedang Musim"


Cream sari kosmetik pemutih wajah aman BPOM
terbukti efektif mencerahkan wajah anda

0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih