Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Beberapa Anak Balita Muntah-Muntah, Perut Kembung dan Diare, Akibat Cuaca??!!

perubahan cuaca efek untuk kesehatan

Widjiume.com - Anak memang rentan terserang penyakit. Karena daya tahan tubuh belum begitu kuat. Baru beberapa hari saya tulis tentang gatal pada anak seperti biang keringat, yang dialami anak dan tetangga, kemarin ponakan saya muntah-muntah dengan sebab yang tidak jelas. Selang sehari, tetangganya juga muntah-muntah. Tadi malam ketemu teman yang punya anak balita juga punya keluhan yang sama.


Awalnya suami saya pergi kerumah kakak untuk mengajak ambil mobil yang sedang di bengkel. Saat itu sekitar pukul 16.30. Saat suami datang kerumah kakak, semua pada kumpul dan menceritakan kejadian tersebut. Si Aira, muntah-muntah sudah beberapa kali. Padahal sebelumnya tidak ada gejala dan tanda yang mencurigakan.


Awalnya dikasih susu formula yang biasa diminum si anak dia muntah, diberi ASI oleh ibunya juga muntah, dan diberi makan bubur/roti juga muntah. Hal itu tentu saja membuat panik seluruh keluarga kakak dan embahnya. Namun, badan si anak tidak panas atau lemas. Masih seperti biasa. Tapi embah lirih berucap,"Nanti ya lama-lama lemes kalau muntah terus...?!!" Sebuah perkataan yang membuat hening suasana.


Setelah kakak mengatar suami ke bengkel, pulangnya beli obat di apotik. Kakak menceritakan kejadian dan kondisi anaknya, dan oleh petugas apotik diberikan obat tetes yang harganya cukup mahal. Ya, hanya beberapa ml saja isinya, namun harganya mencapai 40rb. Harga yang mahal untuk orang desa. Karena berharap anak cepat sembuh, maka tetap dibeli obat tersebut.


Sampai dirumah, kakak memberikan obat tetes pada anak. Setelah minum, ternyata kondisi anak tidak menunjukkan perubahan. Dalam beberapa jam sudah muntah lebih dari 5 kali. Dari jam 16.30 sampai jam 18.30. Kita yang pernah punya anak kecil akan merasa sangat khawatir dengan kondisi anak seperti ini. Begitu juga dengan saya.


Kakak juga sudah berencana untuk membawa anak ke rumah sakit umum terdekat, agar kondisi anak tidak menjadi lebih parah lagi. Lagian dengan menggunakan BPJS akan lebih mudah. Sebelum dibawa ke RSU, mereka berinisiatif terlebih dahulu untuk membawa ke bidan anak terdekat. Siapa tahu akan ada perubahan dan tidak perlu untuk opname di rumah sakit.


Sampai di bidan, anak masih sempat muntah, setelah dilakukan pemeriksaan dan obat diminumkan, dirumah masih saja muntah. Akhirnya, setelah kembali diberikan obat, sekian jam tidak lagi muntah. Susu/ASI yang diberikan juga tidak lagi keluar/muntah. Sehingga anak kembali dapat makan atau minum susu seperti biasanya.


Pada pagi harinya kakak datang kerumah menceritakan semua kejadian diatas, dimana yang sebagian sudah diceritakan oleh suami saya. Sehingga kami semua menjadi lega dan kini Aira sudah kembali sehat tidak lagi muntah serta makan seperti biasanya.


Kejadian juga pada anak tetangga sebelah

Pada esok harinya, ternyata anak tetangga juga begitu, muntah-muntah. Tidak ada panas atau sakit perut. Dan juga terjadi pada anak tetangga yang lain. Sehingga dalam 2 hari yang bersamaan ada beberapa anak yang muntah-muntah.


Salah satu dari anak yang muntah tersebut juga sempat diare atau berak-berak. Padahal saat muntah terlihat kondisi anak yang begitu berat dan gelisah. Setelah buang air besar, ternyata kondisinya pulih kembali seperti sedia kala dan bisa tidur dengan nyenyak.


Sampai sekarang belum tahu apa penyebab sebenarnya dari masalah tersebut. Memang dalam beberapa hari ini ada perubahan cuaca yang cukup drastis. Dimana siang begitu panas dengan udara yang sedikit kencang, serta malam yang lebih dingin dari biasanya.


Hal itu juga dirasakan oleh beberapa orang sahabat saya, ada juga yang sampai kondisi tubuhnya jadi drop hingga masuk angin, meriang dan kurang enak badan. Jika orang dewasa saja merasakan demikian, bagaimana jika itu dirasakan oleh anak kecil seperti balita. Dampak perubahan musim terhadap kesehatan juga sangat banyak terjadi. Sehingga yang perlu untuk kita lakukan adalah menjaga tubuh dengan berbagai makanan bergizi dan pola hidup yang seimbang dan teratur.


Semoga kita dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan dijauhkan dari segala macam penyakit. Baik penyakit fisik ataupun mental dan diberikan kemudahan dalam urusan rejeki. Salam sayang cantik sehat selalu.


Judul : Beberapa Anak Balita Muntah-Muntah, Perut Kembung dan Diare, Akibat Cuaca??!!

Link : http://www.widjiume.com/2017/07/beberapa-anak-balita-muntah-muntah.html

Cream SARI Original | Terbukti nyata mencerahkan wajah
dengan aman BPOM tidak kusam lagi | WA 0813.9929.5740

4 komentar:

  1. Memang kalau perubahan cuaca begini tubuh rentan ya mbak, jangankan anak-anak orang dewasa pun banyak yang sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, benar, ini anak2 dan saya sendiri juga, mulai dari gatal2, batuk dan radang, alhamdulillah yang kecil2 malah tidak,

      semoga saja kita semua selalau dalam kesehatan, aamiin

      Hapus
  2. duh ngeri y mba muntah2 begitu suka kasian sama anaknya 😢 mudah2an kita sehat sll aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,

      iya mbk, terkadang kita juga tidak tahu penyebab sakitnya. Meskipun sementara kalau itu terjadi tiba-tiba membuat kita panik dan kaget juga

      Hapus

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih