Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Doa Berbuka Puasa Dan Berkah Makan Sahur

Doa Berbuka Puasa Dan Berkah Makan Sahur - Tips kesehatan saat berpuasa atau tips agar kuat dalam melakukan puasa

daoa berbuka puasa dan keutamaan makan sahur
Cream Sari - Pada postingan terdahulu sudah saya tulis tentang tips perawatan kulit wajah saat puasa yang membantu anda untuk menjaga kesehatan wajah. Dan dalam tulisan kali ini masih berkenaan dengan masalah puasa adalah tentang doa berbuka puasa dan berkah makan sahur bagi yang melakukannya. Walaupun telat, mudah-mudahan bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Sering sekali kita dengar bagaimana doa berbuka puasa yang mungkin saja diajarkan di sekolah-sekolah dasar. Diantara doa berbuka puasa yang paling umum kita dengar adalah seperti berikut ini :

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ
Allahumma laka shumtu (ada juga tambahan, wabika amantu) wa 'ala rizqika afthortu (juga ada tambahan, birahmatika ya Arrohamma Rohimin)

"Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa, dan atas Rizki-Mu aku berbuka." (HR. Abu Dawud dari Mu'adz bin Zuhrah, no. 2011 dari Maktabah Syamilah. Ibnu Sunni juga mengeluarkannya dalam kitabnya “Amalul Yaumi wal Lailah” dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu no:481, dan Abu Dawud no: 2358 dan dalam sanadnya ada Abdul Malik bin Harun bin Antarah dilemahkan oleh Imam Ahmad dan Ad-Daruquthni. Dan beliau berkata: Yahya berkata: demikianlah dia. Abu Hatim berkata: dia matruk (ditinggalkan). Ibnu Qayyim berkata dalam Zadul Ma’ad 2/51: hadits ini tidak benar)

Namun ternyata doa diatas sesuai dengan keterangan adalah tidak benar. Dan yang benar dan shahih adalah doa berbuka puasa  seperti pada cara dibawah ini :

Saat akan menyantap hidangan berbuka hendaknya membaca basmalah (bismillah) :

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillaah

"Dengan menyebut nama Allah"

Dzikir di atas didasarkan pada hadits Umar bin Abi Salamah yang berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda kepadanya:

يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

"Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu." (HR Bukhari no. 4957 dan Muslim no. 3767 dari Maktabah Syamilah)

Dan juga hadits Aisyah radliyallah 'anha, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ

"Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca "bismillah"." (HR. al Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1513)

Dan jika dahaga telah hilang, keringnya tenggorokan telah basah dengan air, dan terasa nikmatnya berbuka, baru berdoa :

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahaba Dzoma’u Wabtallatil ‘Uruuqu Wa Tsabatal Ajru Insya Allah

"Telah hilang rasa dahaga, dan dan telah basah kerongkongan, serta telah tetap pahala insya Allah."

Doa di atas disandarkan pada hadits Ibnu 'Umar Radhiyallahu 'Anhuma yang menuturkan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

"Adalah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila berbuka beliau berdoa Dzahaba Dzoma’u Wabtallatil ‘Uruuqu Wa Tsabatal Ajru Insya Allah." (HR. Abu Dawud no. 2357, al-Daruquthni, no. 2242. Syaikh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud, no. 2066 menghukuminya sebagai hadits hasan, al-Imam al-Daruquthni mengatakan: Isnadnya hasan, Al-Hakim mengatakan: Ini hadits shahih, dan Al-Hafidz Ibnul Hajar mengatakan: Ini hadits hasan)

Inilah doa yang shahih dalam berbuka puasa yang perlu untuk kita hafal dan kita pakai dalam setiap kali berbuka puasa. Begitu juga dengan sahur yang kita lakukan. Pentingnya makan sahur mungkin secara sederhana dapat kita ketahui yaitu agar kita bisa kuat menahan lapar dan haus disinga hari. Dalam bahasa yang lebih tepat adalah adanya keberkahan dalam makan sahur.

Diantara keberkahan makan sahur adalah sebagai berikut ini :
1. Mengurangi rasa lapar yang berlebih jika dibanding tidak makan sahur, sehingga bisa menahan sampai waktu berbuka tiba.
2. Mencegah timbulnya akhlak tercela yang timbul karena rasa lapar. Orang lapar lebih mudah tersulut emosi, sensitive, dan mudah marah. Maka orang yang makan sahur akan memiliki jiwa yang lebih tenang sehingga mampu bermu’amalah dengan baik kepada orang lain.
3. Lebih siap untuk menjalankan puasa, lebih semangat dan menimbulkan rasa tenang.
4. Di antara keberkahan makan sahur adalah bertakwa kepada Allah dalam melaksanakan ibadah dan beristi’anah (mohon pertolongan) kepada Allah Ta’ala pada siang hari untuk menjalankan shalat, membaca Al-Qur'an, berzikir, dan selainnya. Karena orang lapar –biasanya- malas menjalankan ibadah. Bawaannya berbaring dan tiduran. Maka orang yang makan sahur dia menjalankan sebab supaya memiliki tenaga di siang hari untuk menjalankan tugas duniawi dan ukhrawi.
5. Mengikuti sunnah dan membedakan puasa seorang muslim dengan Ahlul Kitab. Dan untuk lebih jelasnya bisa anda lihat di sini.

Dari uraian sedikit diatas tentang doa berbuka puasa dan berkah makan sahur semoga memberikan semangat anda dalam menjalankan ibadah puasa dan manfaat dari berpuasa menjadi orang bertaqwa bisa kita raih bersama. Disamping itu tidak lupa dalam sahur sebaiknya kita akhirkan dan dalam berbuka puasa kita segerakan, hal ini tentu saja akan membuat kita tetap sehat dan menjaga kesegaran tubuh. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih