Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Manfaat Dan Keutamaan Puasa Syawal 6 Hari Serta Cara Melakukannya

Manfaat Serta Keutamaan/Faedah/Hikmah/ Puasa Syawal 6 Hari. Sahabat widjiume.com, pada bulan ini kita sudah memasuki bulan syawal. Dimana sebelumnya kita telah melakukan puasa sebulan penuh pada bulan ramadhan. Bulan syawal merupakan salah satu bagian penting bagi manusia yang telah melakukan puasa ramadhan sebelumnya.

manfaat keutamaan puasa syawal 6 hari


Sehingga bagi anda yang tidak melakukan puasa ramadhan tidak akan mendapatkan keutamaan yang akan didapat pada bulan ini, yaitu seperti puasa setahun penuh. Sebuah pahala yang besar dan tidak pernah kita bayangkan. Seperti dalam sebuah hadist dari Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barangsiapa yang berpuasa (di bulan) Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan (puasa sunnah) enam hari di bulan Syawwal, maka (dia akan mendapatkan pahala) seperti puasa setahun penuh.” (HR. Muslim. No. 1164)

Coba kita bayangkan, kita berpuasa selama setahun penuh, sepertinya tidak dapat kita lakukan begitu saja. Namun dengan melakukan puasa dibulan syawal ini, ternyata bisa mendapat pahala atau faedah seperti puasa selama setahun penuh.

Inilah yang sebaiknya kita lakukan dan berusaha sekuat tenaga untuk berpuasa syawal agar mendapatkan keutamaannya. Jadi kalau hitungan pahala, tidak dapat kita bayangkan. Perlu di ingat juga kalau puasa itu hanya Allah yang akan menilainya, maka ini urusan seorang Hamba dengan Sang Kholiq secara langsung.


Cara melakukan puasa syawal

Cara berpuasa yang dilakukan umat islam semua sama. Tidak ada perbedaan dengan ibadah puasa yang lain, hanya waktunya saja berbeda. Yaitu tergantung dari hari atau bulan apa puasa tersebut dijalankan. Jika kita sering melakukan puasa diluar bulan ramadhan, maka itu ibadah sunnah yang sangat baik dan dianjurkan.

Misalkan puasa sunnah yang dapat kita lakukan adalah puasa senin-kamis dan puasa 3 hari setiap bulan. Puasa ini dapat kita lakukan dengan rutin. Kemudian untuk puasa syawal sendiri dapat kita lakukan dibulan syawal. Niat tentu saja dalam rangka melakukan puasa syawal selama 6 hari.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan kalau puasa syawal selama 6 hari ini sebaiknya dilakukan diawal bulan, lebih baik lagi dilakukan selama berturut-turut. Ini merupakan salah satu hal dalam menyegerakan kebaikan untuk kita sendiri.

Dan godaan pada awal bulan syawal ini begitu besar. Setelah sebulan penuh melakukan puasa, biasanya pada saat lebaran banyak sekali tersedia hidangan atau makanan yang begitu bervariasi dan menyenangkan. Baik dirumah kita, tempat teman dan saudara lainnya. Rasanya tidak ada satu tempat pun yang kita kunjungi, pasti ada makanan tersedia yang dapat menggoda kita untuk makan dan merasakan.

Disaat inilah, jika kita dapat melakukan puasa, maka akan dapat menjaga tubuh kita terjaga dari makan yang berlebih lebihan atau isrof. Itulah kenapa keutamaan melakukan puasa syawal diawal bulan secara urut ini lebih baik.


Kenapa keutamaan / faedah / hikmahnya bisa sampai puasa setahun penuh ?

Hitung-hitung pahala memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi berkenaan dengan puasa. Selain membuat tubuh kita sehat, ibadah puasa ini merupakan ibadah khusus bagi seorang hamba dengan Penciptanya. Hanya Alloh sendiri yang akan menilai ibadah puasa yang kita lakukan, seperti puasa-puasa yang lain.

Dalam puasa ramadhan yang kita lakukan selama 30 hari kemudian ditambah dengan puasa sunnah syawal 6 hari maka total dari puasa yang kita lakukan adalah 36 hari. Sehingga satu hari ibadah puasa jika dikalikan 10 kebaikan menjadi 360 kali kebaikan / pahalanya. Artinya sama dengan setahun penuh dalam hitungan kalender islam.


Bagaimana jika punya hutang puasa ramadhan?

Ada yang bilang jika kita mempunya hutang puasa pada bulan ramadhan, sebaiknya membayar hutang terlebih dahulu. Setelah hutang lunas, barulah melakukan puasa syawal selama 6 hari. Sehingga hitungan pahala atau amal menjadi genap seperti yang diatas, yaitu 36 hari total berpuasa.

Namun, ada juga beberapa pendapat yang mengatakan bahwa punya hutang atau tidak melakukan puasa sunnah syawal merupakan salah satu keutamaan tersendiri yang sudah jelas dalam hadist diatas. Yaitu syaratnya melakukan puasa ramadhan, entah itu genap selama 30 hari atau tidak (hutang puasa yang tidak dapat ditinggalkan, seperti haid atau sakit dll). Dan untuk mengejar keutamaan puasa syawal ini maka boleh berpuasa 6 hari, meskipun ada hutang puasa.

Adapun pendapat ulama seperti dibawah ini :

Imam Ibrahim Al-Baijuri rahimahullah memberikan alasan kenapa sampai puasa enam hari Syawal mendapatkan pahala puasa setahun, “Karena puasa satu bulan Ramadhan sama dengan berpuasa selama sepuluh bulan. Sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal, itu sama dengan puasa selama dua bulan. Sehingga totalnya adalah berpuasa selama setahun seperti puasa fardhu. Jika tidak, maka tidak ada kekhususan untuk hal itu. Karena ingat satu kebaikan diberi ganjaran dengan sepuluh kebaikan yang semisal.”

Itulah yang pernah saya dengar dan pernah saya baca dari beberapa ustadz dalam masalah keutamaan puasa syawal ini. Semoga bermanfaat untuk sahabat semua.
Salam www.widjiume.com

Minyak Bulus Original | Manfaatnya Nyata
WA 0856.983.4604

11 komentar:

  1. Klo aku puasa syawal dulu baru bayar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixi

      Iya mbk, terkadang juga gitu..

      Bayarnya kapan kapan,,,

      Maklum saat puasa kalau perempuan banyak halangan, jadi ya wajar saja njihhh

      :D

      Hapus
  2. Mantap tulisannya mba.. tp terkadang di kenyataannya bnyk godaan mau puasa syawal tu ya mba.. saya juga ini lagi pengen puasa tapi ko blm terlaksana terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Godaan mah pasti ada mbk,,,

      Ayo mbak niat-niat,,,

      Saya juga baru mau mulai,,,

      Masih banyak makanan enak mbk

      xixixi

      Hapus
  3. nah ini godaan pisan mba klo mau syawalan tuh belum lagi pas mudik ealah belum lagi nastar bertaburan hahaha aku masih susah mba duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbk,

      Sekarang makanan mulai nipis, kalau sudah habis,,, kita puasa bareng ya mbk

      hahahhhh

      Hapus
  4. terimakasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbk

      Web aslimu yang mana mbk :D

      Hapus
  5. Ini yang sempat menjadi pertanyaan saya, apakah harus bayar hutang puasa dulu atau tidak. Makasih Mba untuk ulasannya, sangat bermanfaat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbk,
      banyak pendapat,,,
      yang lebih baik sih yang melakukan puasa mbk,,,baik sebelum atau sesudah,,,

      dari pada tidak puasa gara2 bingung, lebih aneh lagi kan,,, hihihihi

      Hapus
  6. Duh mbak.. Semenjak menikah aku jadi jarang puasa.. Jaman masih gadis mah rutin senin kamis.. Lhah sekarang bisa nyaur utang aja syukur alhamdukullah.. Tahun ini harus rutin.. 🙏🙏💪

    BalasHapus

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih