Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Resep Cara Membuat Cireng Nasi Yang Empuk dan Lembut, Anak-anak dan Kakek Suka Banget

Resep Cara Membuat Cireng Nasi Yang Empuk dan Lembut - Sahabat widjiume.com beberapa waktu lalu saya status di fb tentang membuat cireng yang empuk dan mantap. Saking empuknya, cireng yang saya buat ini membuat kakek ikut makan dan merasakan empuknya cireng. Padahal sebelumnya, pada pembuatan cireng yang pertama, makan satu saja tidak habis, eh yang kedua ini, katanya enak dan empuk. Wal hasil, habis beberapa cireng. 🙆🙆

Resep cara membuat cireng nasi yang lembut dan empuk
Resep Cara Membuat Cireng Nasi Yang Empuk dan Lembut,
Anak-anak dan Kakek Suka Banget


Nah, kalau yang pertama saya membuat cireng dari tepung sagu/kanji saja, tanpa ada tambahan bahan lainnya. Maka hasilnya agak alot (dalam bahasa jawa) atau kenyal. Sehingga wajar jika kakek kesulitan untuk memakannya, tidak seperti anak-anak saya.

Pada kesempatan selanjutnya, saya buat lagi cireng nasi dan saat itu kakek juga lagi main kerumah. Karena saya rasakan ini empuk, maka saya suguhkan pada kakek. Hasilnya, kakek menikmati cireng dengan yang lebih empuk dari pertama buat dan mengatakan, "Nah, kalau ini enak dan empuk" (dalam bahasa jawa, "Lha, yen iki enak tur empuk).😍

Sebenarnya sih tidak sengaja membuat cireng nasi, cuma karena ada kecelakaan saat membuat lontong, maka saya jadikan cireng nasi. Ibarat nasi sudah menjadi bubur, maka disulap sedemikian rupa agar lebih enak dan anak-anak juga suka. Kalau cuma jadi bubur, rasanya tidak asik, soalnya sudah biasa. Tapi saat dengar kata cireng, anak-anak langsung serbu tanpa jeda. Goreng habis, goreng habis, sampai beberapa kali goreng langsung sikat terus.

Baca juga : Resep Cara Membuat Klepon Ubi Sederhana dan Lezat

Resep dan cara membuat cireng nasi yang empuk dan lembut yang membuat anak-anak suka, tidak sulit untuk dilakukan. Ya, kalau memang anda coba pertama kali ndak jadi bagus, bisa coba lagi. Jangan pernah menyerah, soalnya saya sudah biasa coba-coba membuat masakan/makanan sampai beberapa kali. Dan lama-lama terbiasa juga. Sekali gagal berarti anda menemukan resep dan cara baru yang harus berbeda dari kegagalan yang pertama. Itu yang sering saya alami.


Bahan untuk membuat cireng nasi sebagai berikut :

  • 1 piring nasi
  • 1 helai daun bawang
  • 1 sdm terigu
  • Tepung kanji/aci secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Setelah bahan diatas tersedia, selanjutnya cara membuat cireng dapat di ikuti dengan cara sebagai berikut ini :

  1. Haluskan/uleg nasi sampai lembut
  2. Campur semua bahan dan bumbu, tambah sedikit air hangat, uleni hingga mudah dibentuk
  3. Bentuk cireng bulat bulat kecil, lalu pipihkan
  4. Goreng hingga matang
  5. Sajikan dengan saus

Kalau kita ikuti bahan yang ada diatas maka dapat dibuat sebanyak 10 biji cireng, namun sayang jika cuma jadi 10 biji saja. Anda dapat membuat agar jadi lebih banyak lagi tentunya dengan menambah bahan dan bumbu yang ada.


Rahasia agar cireng lembut dan empuk

Untuk menjadikan cireng mempunyai tekstur yang lembut dan empuk terutama cireng nasi, maka kuncinya adalah pada nasi yang kita gunakan. Sekali lagi ini soal selera, dan kesukaan anak-anak saya yang lembut dan empuk. Maka untuk mendapatkan tekstur lebih empuk dan lembut kuncinya ada pada nasi yang digunakan.


Nasi harus di uleg sampai benar-benar lembut, kalau anda kesusahan untuk menguleg nasi dalam jumlah banyak, maka langkah tepat dan efektif adalah menjadikannya bubur terlebih dahulu. Ini cara nomor satu sebagai ganti menghaluskan / menguleg nasi. Maka akan didapatkan tekstur cireng super empuk dan lembut.




Saus/Bumbu untuk pelengkap makan cireng

Saus ini juga selera, maka untuk lebih enak dalam menikmati cireng bisa ditambahkan saus. Baik dari beli di supermarket atau buat sendiri. Kalau beli lebih baik saus yang enak, seperti saus abc pedas. Jangan saus biasa seperti pada pedagang bakso/mie ayam, sudah pasti rasanya kurang enak.


Jika ingin membuat sendiri, maka buat saus seperti saus cakwe. Nah, sudah pernah buat cakwe belum?? Kalau belum beli dulu cakwe dan rasakan sausnya. Cari ditempat anda yang rasanya nendang alias enak. Sehingga nanti kalau buat sendiri bisa membandingkan dan memperkirakan bumbu apa yang harus di lengkapi.


Tidak susah kalau mau coba. Maklum saya juga sering gagal dalam membuat makanan anak-anak, namun anak-anak tetap suka. 😗 Semakin banyak gagal, akan semakin kita tahu kekurangannya dimana. Kalau cuma mengira-ngira saja, ya tidak akan pernah bisa membuat resep makanan apapun.


Enaknya lagi sudah banyak resep masakan yang bisa anda cari di google, baca beberapa referensi dan praktekkan. Kalau mau lengkap cara dan resep juga bisa melihat video langsung dari youtube.


Demikian cara mudah membuat resep cireng nasi yang empuk dan lembut, semoga anda dapat membuat untuk anak-anak dan suami tercinta. Kalau kelebihan bisa juga di bagi ke tetangga samping kanan kiri. Cuman kalau sudah mendapatkan rasa yang pas yah. Ok, Terima kasih, mohon share jika bermanfaat ya [www.widjiume.com]

krim wajah yang aman bpom | Krim sari
6 Bulan tidak menggunakan sari wajah tetap cerah dan tidak kusam, jerawat
juga jauh. Krim yang aman untuk kulit wajah kamu, mencerahkan, memutihkan

0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih