Ciri-Ciri Ikan Segar Dan Masih Layak Untuk Dimasak

Diantara sahabat ada yang kulit kemerahan gatal, atau nafas sesak hanya karena ikan ?! Itulah yang disebut dengan alergi. Dan ikan merupakan salah satu makanan yang terkenal dengan pencetus alergi. Ikan yang tidak segar dipercaya dapat menimbulkan alergi pada tubuh manusia. Sehingga kita harus bisa dan mengetahui bagaimana ikan segar yang baik yang akan kita konsumsi.
Berikut ini adalah ciri ikan segar yang layak untuk dikonsumsi guna mendapatkan khasiat ikan yang bergizi dan bernutrisi :

1. Dilihat dari ingsangnya
Ikan yang masih baik dan segar untuk anda pilih adalah yang berwarna kemerahan. Warna kemerahan pada ikan menunjukkan segar atau tidaknya seekor ikan.

2. Dilihat dari matanya
Ikan yang masih segar akan mempunyai mata yang masih terang, jelas dan juga mengkilap. Ikan yang matanya sudah buram menandakan ikan yang tidak segar lagi.

3. Dari aroma ikan
Usahakan beli yang masih segar, aromanya ringan dan tidak terlalu amis. Sehingga jika anda ingin membeli ikan, lebih baik tidak ragu untuk mencium aromanya sesekali. Aroma ikan yang tidak segar sedikit amis dan agak asam,.

4. Dilihat dari kulit ikan
Cari yang masih segar, akan terlihat mengkilap dengan daging yang elastis dan tidak berubah bentuk ketika disentuh.

Dengan kondisional diatas maka ikan yang akan anda beli adalah ikan yang baik dan masih segar. Namun, jika tidak ingin ribet dan susah sebaiknya membeli ikan yang masih hidup. Sehingga jelas tidak perlu untuk meneliti dan memperhatikan beberapa indikasi diatas.

Ikan yang masih segar atau tidak, akan menentukan nilai gizi dan nutrisi yang dikandungnya sehingga bisa berpengaruh juga untuk tubuh dan kesehatan anda. Untuk mendapatkan resep masakan ikan yang mantap haruslah dengan menggunakan ikan yang masih segar yang tidak menimbulkan penyakit pada tubuh. Semoga bermanfaat.

Comments