Mencoba Cara Menghilangkan Sablon pada Kaos dengan Setrika

Sablon pada kaos sering kali rusak kalo kita mencuci terlalu keras apalagi kalau di mesin cuci. Rasanya nyesek banget, dibiarin kok keliatan jelek banget. Kalau dilepas, emang bisa? Iseng iseng mencari solusi masalah ini di google.

Ada banyak website yang mencoba memberikan jawaban misal ada yang nyuruh pakai bensin, bukannya nanti warna kaos malah rusak. Minyak kayu putih? Bisa bisa tapi pasti ga efektif. Dari semuanya yang menurutku paling masuk akal adalah menghilangkan sablon dengan setrika.

Ya karena aku sendiri dulu sering sembrono saat menyetrika kaos bersablon dan hasilnya sablon malah lepas. Tapi kalau dipikir pikir, sablon jaman sekarang tu kok kuat banget ya? Kena setrika juga ga gampang lepas kaya yang dulu.

Tips ini kuambil dari website caramereka.com,

Peralatan yang harus disiapkan,
  • Tentunya setrika
  • Kain kering yang agak tebal
  • Kain kering tips ga apa apa
  • Alkohol
  • Pisau

Langkah langkah
  1. Kita panaskan setrika dulu beberapa menit. Sambil menunggu, taruh kaos bersablon di tempat setrika. 
  2. Masukkan kain kering tebal di dalam kaos. Biar nanti panasnya setrika ga ngerusak sisi lain kaos. 
  3. Taruh kain kering satunya di atas sablon, biar nanti sablon ga lengket ke setrika. (pas aku nyoba setrika langsung ke sablon hasilnya ternyata ga lengket kok, mungkin tergantung jenis sablonnya ya?)
  4. Taruh setrika yang telah dipanasi tepat di kain kering tadi, sablon akan sedikit terkelupas pastinya. 
  5. Angkat kain kering lalu oleskan alkohol, hasilnya sablon akan terlihat mengkerut. Coba gunakan pisau untuk mencopotnya.
  6. Ulangi langkah 3-5 beberapa kali hingga sablon hilang sepenuhnya
  7. Gunakan alkohol untuk menghilangkan bekas lem sablon yang tersisa
Asli ga nyangka ternyata bisa dan hasilnya efektif hehehe.. Katanya sih bisa juga menggunakan hair dryer ataupun catokan rambut. Untuk kaos ya 100% lebih bagus pakai setrika. Sedangkan hair dryer itu lebih mudah penggunaannya.
Mencoba Cara Menghilangkan Sablon pada Kaos dengan Setrika
Di youtube pun banyak lho orang yang mencoba menghilangkan sablon pada kaos memakai setrika. Kebanyakan kasus, orang orang mencopot nama pemain bola di jersey. Hasilnya efektif, tapi ga tahu kalau kita coba di kaos dengan kualitas yang buruk.

Sablon sendiri banyak jenisnya sebut saja rubber (sablon karet), pigmen, plastisol, glitter, flocking, poliflex dan masih banyak lagi. Ada juga website yang membahasnya satu satu tapi ternyata tips yang dibahas masing masing jenis sablon itu sama aja. Rugi kemarin baca semuanya.

Konon juga ada cairan kimia yang emang dipakai untuk sablon, namanya m3. Katanya sih zat ini bersifat pelarut, mirip dengan thinner ataupun penghilang kutek. Agak takut sih memakainya, nanti malah rusak. Cairan m3 bisa dibeli di lapak lapak online ataupun toko kimia.

Jujur aku penasaran dengan bagaimana cara seorang tukang sablon jika dia salah melakukan sablon. Kalau diliat liatkan hasil sablonan mereka bagus terus. Lha terus yang misal salah produksi gimana ya? Adakah teman teman yang bekerja sebagai tukang sablon? Minta pendapatnya dong! Tulis dikomentar ya?

Sekian dulu artikel pengalaman menghapus sablon dengan bantuan setrika. Semoga bisa jadi pertimbangan teman teman sebelumnya mencoba trik ini. Satu hal yang saya yakin, metode ini cukup aman kok asal setrika yang digunakan ga lagi error ataupun sablon yang berkualitas jelek.

Comments