Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Telinga Tiba-tiba Sakit?! Awas Bisa Jadi Gendang Telinga Pecah, Ternyata Ini Penyebabnya dan Cara Mengobati

Telinga Tiba-tiba Sakit?! Awas Bisa Jadi Pecah, Ternyata Ini Penyebabnya. Beberapa waktu lalu saya mengalami sakit telinga bagian dalam yang tidak jelas apa penyebabnya. Sampai berdenging dan rasa sakit pada bagian dalam telinga. Ini tidak pernah terjadi dan memang secara tiba-tiba saat bangun tidur terasa demikian. Setelah kami cek menggunakan earpick (pembersih telinga yang ada lampunya), tidak ada kotoran atau hal aneh dalam telinga, semua bersih dan tampak baik-baik saja. Namun setelah 2 hari belum juga berkurang rasa berdengingnya, timbul rasa bengkak dalam telinga dan akhirnya saya bawa ke Dokter.


Ternyata Ini Penyebabnya dan Cara Mengobati sakit telinga
Anatomi Telinga



Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter, ternyata benar adanya pembengkakan dalam telinga dan harus di obati dahulu. Obatnya kalau tidak salah Amoxcilin dan kapsul untuk selaput, lupa apa namanya. Namun setelah mengkonsumsi itu, baru 2 hari kemudian agak baikan dan berangsur hilang dengingnya dalam jangka waktu kurang lebih 1 minggu (dari awal sakit dikasih obat sampai sembuh).


Telinga sakit bisa jadi ciri dari gendang yang bermasalah


Jika telinga anda sakit yang disertai keluarnya suatu cairan tertentu maka bisa menjadi salah satu ciri genderang bermasalah. Terlepas dari salah satu ciri ini masih ada lagi beberapa ciri lainnya. Berikut ini adalah gejala awal atau ciri dari gendang telinga pecah :


  1. Telinga terasa sakit yang tidak menentu, kadang tiba-tiba sakit dan hilang dengan cepat
  2. Telinga berdenging dan terasa tersumbat (tinnitus)
  3. Keluar cairan dari dalam telinga, baik berupa nanah atau darah
  4. Mengalami vertigo, biasanya datang dan hilang dengan cepat
  5. Bisa juga mengalami mual dan muntah
  6. Turunnya fungsi pendengaran

Jika anda mengalami ciri seperti diatas bisa jadi gendang telinga sedang pecah atau bermasalah. Jika gendang telinga pecah dapat mengakibatkan fungsi pendengaran terganggu, bahkan tidak dapat, mendengar sama sekali. Karena bisa bersifat permanen. Gendang telinga berfungsi sebagai penangkap gelombang suara kemudian melanjutkannya ke telinga bagian tengah dan akhirnya kita bisa mendengar.



Penyebab gendang telinga pecah


Dari ciri gendang telinga pecah, kita bisa mengetahui apa penyebabnya. Jika kita mengalaminya maka harus diperhatikan dan berhati-hati kembali. Sebaknya langsung bawa ke Dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Masalah pada telinga dapat kita periksakan kebagian THT yang sudah banyak ada di beberapa rumah sakit atau puskesmas. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berobat, lagian sekarang periksa sudah bisa dengan murah dan berkualitas.

Cream wajah aman BPOM terbukti
Lebih jelas apa penyebab dari gendang telinga pecah :


1. Infeksi. Ini adalah penyebab umum yang biasa terjadi saat gendang telinga pecah/bermasalah. Biasanya disebabkan oleh infeksi saluran telinga bagian tengah (otitis media akut), dapat menyebabkan penumpukan cairan menumpuk dibelakang gendang telinga yang bercampur dengan kotoran dan mengeras. Lama-kelamaan akan mendorong gendang telinga menyebabkan menegang dan mengeras dalam skala lebih parah menyebabkan gendang pecah.


2. Adanya perubahan tekanan. Perubahan tekanan mendadak yang kita alami dapat menyebabkan juga gendang telinga pecah. Ini terjadi biasanya pada dataran tinggi saat kita sedang mengemudi, melakukan scuba diving serta saat berada didalam pesawat terbang. Hal inilah yang menyebabkan setiap anak balita yang naik pesawat diberikan earphone untuk perlindungan wajib yang harus digunakan. Demi menjaga gendang telinga yang masih lemah.


3. Cedera. Cedera ini dapat diakibatkan oleh kesalahan kita dalam membersihkan telinga. Umumnya yang menggunakan cotton buds. Jika membersihkan terlalu keras dan kurang hati-hati dapat membuatnya infeksi sakit cedera dan genderang telinga dapat pecah. Untuk itu lebih baik menggunakan pembersih seperti earpick yang ada lampunya atau bisa datang ke Dokter THT untuk lebih aman. Selain ini, benturan pada kepala yang keras juga dapat menyebabkan gendang telinga pecah seperti dalam kasus kecelakaan, tinju dan lain sebagainya.


4. Trauma akustik. Trauma yang disebabkan oleh suara juga dapat membuat gendang telinga kita pecah. Ini salah satu penyebab penggunaan headset yang terlalu kencang memutar suaranya. Lama kelamaan gendang telinga lemah dan bisa menyebabkan pecah.



Cara pengobatan untuk gendang telinga yang pecah


Apakah bisa diobati jika gendang telinga kita pecah? Ini sangat penting bagi sahabat yang sedang menderita masalah gendang telinga. Jika sudah diketahui masalahnya adalah pencah, maka pengobatan bisa diusahakan dengan sebaik mungkin. Sehingga dengan pengobatan yang benar telinga kita bisa berfungsi kembali seperti sedia kala yaitu untuk mendengar.

Berikut ini cara pengobatan gendang telinga yang pecah :

  • Antibiotik. Antibiotik dalam bentuk pil atau obat tetes bisa diberikan untuk mengatasi infeksi dan melindungi telinga dari infeksi selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan jika masalah gendang telinga akibat dari infeksi
  • Tambal gendang telinga. Jika gendang telinga tertutup maka Dokter THT dapat mengusahakannya dengan memberikan bahan kimia di tepi robekan untuk merangsang tumbuhnya selaput gendang telinga yang baru. Hal ini di lakukan dengan mengoleskan pada tepian selaput gendang telinga dalam beberapa kali hingga tertutup sempurna
  • Operasi. Jika ternyata dengan 2 cara diatas tidak berhasil maka bisa dilakukan operasi timpanoplasti. Dalam operasi ini Dokter akan melakukan cangkok sedikit kulit dari tubuh pasien untuk menutup gendang telinga.

Dengan demikian berbagai masalah telinga yang kita alami dapat segera diatasi dan memberikan kembali pendengaran seperti sedia kala. Jika ada pertanyaan sanggahan atau keluhan silahkan tanyakan pada komentar. Semoga bermanfaat.


Sitewww.widjiume.com
Judul : Telinga Tiba-tiba Sakit?! Awas Bisa Jadi Gendang Telinga Pecah, Ternyata Ini Penyebabnya dan Cara Mengobati
URLhttp://www.widjiume.com/2016/12/telinga-tiba-tiba-sakit-awas-bisa-jadi-gendang-telinga-pecah-ternyata-ini-penyebabnya-dan-cara-mengobati.html


mengatasi masalah wanita
Mengatasi masalah wanita | Menyempitkan dan membersihkan V dgn Alami
BBM 298B8899 - WA 081399295740

0 komentar:

Poskan Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih