Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Macam-macam KB dan Efek Samping Serta Permasalahan Yang Biasa Muncul

Macam-macam KB dan Efek Samping Serta Permasalahan Yang Biasa Muncul. KB atau sering kita sebut dengan Keluarga Berencana, menurut wikipedia adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Itu bermakna adalah perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya. Dan kalau mau baca lebih lanjut disana sudah panjang lebar diulas, bahkan sampai hukum islam dalam penggunaan KB ini.


Ini juga merupakan salah satu gerakan dari pemerintah sekitar tahun 1970an yang mengharuskan anak dalam keluarga itu 2 saja cukup. Sehingga lahirlah program KB sampai dengan sekarang. Namun, terlepas dari itu, kalau kita cermati banyak dari penggunaan KB selain dari program pemerintah tersebut. Dari beberapa pendapat memang membolehkan hal tersebut, yaitu untuk mengatur supaya kelahiran agak jarang, tidak terlalu dekat/cepat. Karena beberapa alasan kesehatan dari anjuran Dokter/perawat, diharuskan menggunakan KB terlebih dahulu sekian tahun sebelum kembali hamil berikutnya.


Mengatasi masalah kewanitaan, membersihkan V
BBM 298B8899 | WA 081399295740
Jenis KB dan Efek samping yang ditimbulkan


Berbagai jenis KB sudah banyak digunakan oleh pasutri dalam rumah tangganya saat ini. Meskipun dari sekian banyak pengguna tersebut masih ada yang harus bergantian KB karena tidak cocok. Namun, tidak sedikit juga yang langsung bisa cocok sehingga tidak perlu lagi melakukan pergantian penggunaan KB. Misalnya saja, seseorang menggunakan KB pil, ternyata timbul keluhan. Akhirnya berganti ke KB suntik, spiral atau IUD. Tidak semua, itu bagi mereka yang tidak cocok saja. Bagaimana yang tidak cocok, silahkan ikuti pembahasan di www.widjiume.com ya.

Berikut ini adalah jenis-jenis KB yang banyak digunakan dalam mengatur jarak kelahiran antara satu anak dengan lainnya :

A. Cara Kontrasepsi Sederhana

  • Senggama Terputus. Sering juga kita kenal dengan sebutan 'Azl. yaitu mengeluarkan sperma diluar V wanita. Cara ini memang tidak dianjurkan bagi anda yang ingin mengatur jarak kelahiran anak. Karena setiap suami tidak akan dapat mengetahui kapan sebenarnya sperma itu keluar. Sehingga besar kemungkinan menggunakan cara ini KB tidak banyak yang berhasil. Itung-itung ingin memperlebar jarak kelahiran, malah bisa nambah lagi dan lagi.

  • Pantang berkala atau sering kita sebut dengan sistem kalender. Cara ini merupakan salah satu cara alami yang unik, yaitu tidak melakukan hubungan intim pada saat istri dalam keadaan subur. Namun, sangat tidak dianjurkan karena terkadang perhitungan tidak mendapatkan hasil yang benar. Selain itu, suami akan lebih banyak 'puasa' untuk tidak melakukan hubungan intim. Apalagi jika istri kurang pintar dalam menghitung siklus haid, kesalahan akan dapar menyebabkan kehamilan dan tambah anak lagi.

  • Kondom atau diafragma. Kondom merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengatur kelahiran terutama pada laki-laki. Dan ini juga alat KB populer dimasyarakat. KB menggunakan kondom juga merupakan salah satu pilihan banyak pria, terutama bagi istri yang malas untuk menggunakan berbagai macam jenis KB, atau takut dengan efek KB yang pernah dialami orang lain. Kondon merupakan suatu kantung karet tipis terbuat dari bahan lateks, tidak berpori dipakai pria saat mau berhubungan intim. Kondom juga dipercaya dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit seks menular lainnya. Banyak sekali kelebihan dari KB menggunakan kondom ini, yaitu mudah didapat, mudah dibawa kemana-mana, harga terjangkau, tidak ada efek samping apapun dan dapat digunakan oleh semua laki-laki. Kondom sekarang juga berbagai macam bentuk dan aroma. Sehingga tidak heran jika cara ini merupakan salah satu KB yang banyak diminati oleh pasangan dalam rangka ingin mengatur jarak kehamilan mereka. Sedangkan diafragma ialah kondom yang digunakan oleh wanita, dipasang pada vag!na, namun pada kenyataanya kurang populer dan jarang wanita menggunakannya.

  • Cream, jelly atau tablek berbusa. Cara ini semua digunakan oleh wanita yaitu dimasukkan pada alat kelamin selama 10 menit sebelum melakukan hubungan intim. Fungsi dari kontrasepsi ini adalah untuk menghambat gerakan sel sperma dan atau bisa juga membunuhnya. Namun, cara ini kurang begitu populer di masyarakat dan biasanya ada beberapa keluhan seperti rasa panas di alat kelamin atau cairan terasa lebih banyak sehingga membuat kurang nyaman untuk hubungan intim.

Itulah tadi beberapa cara kontrasepsi sederhana yang dapat digunakan pasangan suami istri untuk menunda kelahiran atau memberikan jarak kelahiran bayi selanjutnya. Untuk selanjutnya macam-macam KB adalah dengan cara lebih modern atau metode efektif.


B. Cara kontrasepsi Modern lebih efektif


1. PIL KB

Pil kb adalah obat yang digunakan untuk mencegah kehamilan, cara menggunakan dengan diminum secara rutin. Pil KB diperkenalkan mulai tahun 1960an. Pil ini diperuntukkan bagi wanita yang ingin mengatur jarak kehamilan, sehingga ketika diminum dengan teratur maka selama itu juga kehamilan dapat dicegah. Minum pil KB dapat segera dimulai setelah terjadi keguguran, menstruasi, atau pada masa post-partum bagi para ibu yang tidak menyusui bayinya. Untuk ibu menyusui dilarang menggunakan KB ini, silahkan menggunakan cara yang lain.


Pil KB secara efektif dan terbukti aman digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah dan mengatur jarak kehamilan. Beberapa wanita lebih cocok secara fisik menggunakan pil KB dari pada alat kontraseksi lainnya. Karena kepastian untuk mencegah kehamilan lebih baik dan efektif daripada alat KB yang lain.


- Jenis-jenis pil KB ada beberapa macam :

i. Pil KB gabungan atau kombinasi. Setiap pil ini mengandung 2 hormon buatan, yaitu hormon estrogen dan progestin. Pil ini hampir 100% efektif bila diminum secara teratur untuk mencegah kehamilan. Kehamilan dapat dicegah oleh pil gabungan yang mengambil manfaat dari cara kerja kedua hormon tersebut.


ii. Pil KB berturutan. Dalam bungkusan pil-pil ini, hanya estrogen yg disediakan selama 14—15 hari pertama dari siklus menstruasi, diikuti oleh 5—6 hari pil gabungan antara estrogen dan progestin pada sisa siklusnya. Frekuensi keberhasilan dari pil berturutan ini hanya sedikit lebih rendah ketimbang pil gabungan, berkisar antara 98—99%. Kelupaan minum 1 atau 2 pil berturutan saat awal siklus akan dapat menyebabkan terjadinya pelepasan telur hingga mengakibatkan kehamilan. Karena pil berturutan dalam mencegah kehamilan hanya bersandar kepada estrogen maka dosis estrogen harus lebih besar dengan kemungkinan risiko yg lebih besar pula sehubungan dengan efek-efek sampingan yg ditimbulkan oleh estrogen.


iii. Pil KB khusus. Progestin (pil kecil/mini) mengandung dosis kecloi dari bahan progestin sintetis serta punya sifat untuk mencegah kehamilan, dengan cara mengubah mukosa dari leher rahim sehingga dapat menghambat dan mempersulit laju sperma pada lapisan rahim dan menghambat peletakan telur yang telah dibuahi.

Semua jenis pil KB dan obat kimia lainnya mempunyai kontra indikasi pemakaian seperti tidak boleh diberikan pada wanita yg menderita hepatitis, radang pembuluh darah, kanker payudara atau kanker kandungan, hipertensi, ganguan jantung, varises, perdarahan abnormal melalui vagina, kencing manis, pembesaran kelenjar gondok (struma), penderita sesak napas, eksim, dan migraine (sakit kepala yang berat pada sebelah kepala)


- Efek samping pemakaian Pil KB

Aeuko Acelora Mencerahkan wajah alami aman BPOM
BBM 298B8899 | WA 081399295740
Dari beberapa yang sudah menggunakan pil KB sering kita dengar ada yang cocok dan tidak. Bagi mereka yang cocok menggunakan pil KB maka tidak ada efek samping terlihat dari fisik tubuhnya, malah sebagian bertambah lebih gemuk. Namun, disamping itu ada juga yang mengalami efeksamping berupa pendarahan diluar haid, rasa mual, bercak dipipi/hiperpigmentasi, jerawat, nyeri kepala dan penyakit jamur pada liang alat kelamin wanita. Kalau kita cermati juga pil kb itu ada beberapa merk, sehingga ini juga bisa menjadi salah satu sebab cocok tidaknya pengguna terhadap merk dari pil KB tersebut.

Efek samping lain dari penggunaan pil KB kata sebagian orang adalah rahim menjadi kering. Sehingga ketika melepas pil KB dan tidak diminum lagi, kemungkinan untukl hamil memakan waktu cukup lama. Dari beberapa teman ada sampai 1,2 bahkan 3 tahun baru bisa hamil setelah tidak mengkonsumsi pil KB tersebut.


2. AKDR atau biasa kita kenal Alat Kontrasepsi Dalam Rahim atau IUD

IUD (intra uterine device) bagi kebanyakan wanita adalah alat kontrasepsi terbaik selama ini. IUD menjadi efektif sehingga tidak perlu diingat setiap hari seperti penggunaan jenis pil KB. Selain itu penggunaan IUD tidak berpengaruh sedikitpun pada ibu menyusui, maka jangan heran jika anda selalu ditawarkan IUD setelah melahirkan pada beberapa rumah sakit. Karena lebih mudah saat pemasangan setelah proses kelahiran selesai.


- Jenis-jenis IUD di Indonesia

KB IUD bentuk T
KB IUD bentuk T

* IUD Berbentuk T (Copper-T AKDR), terbuat dari bahan polyethelen yang bagian vertikalnya diberi sebuah lilitan kawat tembaga halus. Nah, lilitan tembaga halus inilah yg mempunyai efek untuk infertilisasi yaitu sebagai anti pembuahan yg cukup baik.



KB IUD bentuk anka 7
KB IUD bentuk anka 7

* IUD Berbentuk angka 7 (Copper-7 AKDR), punya maksud agar mudah dalam pemasangan. Jenis ini punya ukuran dengan diameter vertikalnya 32 mm, juga ditambah gulungan kawat tembaganya (cu) yg mempunyai luas permukaan 200 mm2. Fungsi dari kawat tembaga ini adalah sama dengan diatas yaitu sebagai infertilisasi atau anti pembuahan.



Multi load akdr
KB IUD Multi load akdr


* IUD Multi load AKDR, ini terbuat dari bahan plastik seperti pada gambar dengan 2 tangan di kiri dan kanan berbentuk sayap dan fleksibel. Panjang dari ujung ke ujung adalah 3.6 cm, seperti biasa pada batang diberi kawat tembaga dengan luas permukaan 250 mm2, atau ada yang 375 mm2 untuk menambah efektivitas KB ini. Terdapat 3 ukuran multi load berbeda yaitu standar, kecil dan mini.

IUD Lippes Loop AKDR
IUD Lippes Loop AKDR


* IUD Lippes Loop AKDR, iud ini terbuat dari bahan polyethelene mempunyai bentuk mirip dengan huruf S yg bersambung. Dipasang benang pada ekornya berfungsi untuk memudahkan kontrol dalam penggunaan. Iud lipper Loop ini mempunyai 4 jenis berbeda menurut ukuran panjang bagian atasnya :

  • Tipe A berukuran 25 mm (benang biru)
  • Tipe B berukuran 27.5 mm (benang hitam)
  • Tipe C berukuran 30 mm (benang kuning)
  • Tipe D berukuran 30 mm tebal (benang putih)
Anka kegagalan dengan menggunakan jenis iud lippes loop tergolong rendah. Adapun keuntungan lain menggunakan spiral ini adalah jarang menyebabkan luka atau penyumbatan usus, karena terbuat dari bahan plastik yang elastis.


Semua pemasangan jenis AKDR ini adalah menempatkannya setinggi mungkin dalam rongga rahim atau cavum uteri. Untuk waktu pemasangan terbaik adalah pada saat mulut peranakan masih terbuka serta rahim dalam keadaan lunak. Misalkan 40 hari setelah persalinan dan pada akhir masa haid. Tentu saja pemasangan AKDR ini dilakukan oleh dokter atau bidan yang sudah terlatih dalam bidangnya. Setelah pemasangan, bisa dilakukan pemeriksaan secara berkala dalam waktu satu minggu, kemudian setiap bulan, setiap 3 bulan dan setiap 6 bulan. Apalagi jika anda mengalami rasa nyeri seperti mau melahirkan, bisa jadi karena IUD ini (jika menggunakan setelah melahirkan)


Kontra Indikasi Pemasangan KB IUD

  1. Belum pernah melahirkan
  2. Adanya perkiraan hamil
  3. Kelainan alat kandungan bagian dalam seperti kanker rahim, perdarahan dileher rahim, perdarahan yang upnormal pada alat kelamin
  4. Keluhan yg biasa terjadi saat menggunakan IUD adalah seperti terjadinya sedikit pendarahan yang dapat disertai dengan rasa mules pada perut, biasanya berlangsung selama 3 hari. Namun jika perdarahan terjadi dalam jumlah banyak dan terus menerus maka penggunakan IUD harus dihentikan. Pengaruh lainnya adalah perangai darah haid yang berbeda dalam beberapa hari. Misal, darah haid pada hari pertama keluar sedikit dari pada biasanya kemudian secara mendadak keluar banyak selama 2-3 hari. Selanjutnya keluar sedikit lagi selama beberapa hari kemudian. Masalah lain adalah terjadinya kejang rahim, disertai rasa kurang enak dibawah perut. Ini akibat adanya kontraksi pada rahim terhadap IUD yang merupakan benda asing dalam rahim. Bisa diatasi dengan obat analgetik. Keluhan lain selain hal diatas seperti keputihan dan infeksi juga dapat timbul selama pemakaian IUD
  5. Ekspulsi. Yaitu IUD keluar dengan sendirinya dari rahim yang terjadi saat haid tiba disebabkan oleh terlalu kecilnya ukuran IUD. Disamping itu bahan juga berpengaruh terhadap masalah ini. Semakin elastis maka semakin besar kemungkinan terjadi ekspulsi. Sebakin banyak permukaan IUD bersentuhan dengan rahim maka semakin kecil kemungkinan untuk lepas sendiri.
  6. Lama pemakaian IUD. Untuk penggunaan IUD yg mengandung tembaga maka perkiraan lama pemakaian adalah 2-5 tahun dan segera ganti yang baru setelah penggunaan tersebut.

3. Kontrasepsi/KB Suntikan


Pencegah kehamilan yg dilakukan dengan menyuntikkan obat tertentu pada wanita untuk mencegah kehamilan. Obat ini berisi DMPA atau kepanjangan dari Depo Medorxi Progesterone Acetate. Untuk penyuntikannya dilakukan pada otot (intra maskuler) pada bokong (gluteus) yg dalam atau pada pada pangkal lengan (deltoid). Untuk KB ini cara pemakaianya baik dilakukan saat menyusui atau segera setelah melahirkan. Suntikan pertama dapat digunakan pada saat empat minggu sesudah melahirkan. Dan untuk suntikan kedua bisa dilakukan pada setiap satu bulan atau tiga bulan berikutnya. 


Kontra indikasi untuk KB suntik adalah tidak boleh digunakan oleh wanita yang menderita penyakit jantung, hipertensi, hepatitis, kencing manis, paru-paru dan kelainan darah


Efek samping kontrasepsi / KB suntik

1. Tidak datang haid (amenorhoe)
2. Pendarahan yang mengganggu
3. Lain-lain seperti sakit kepala, mual, muntah, rambut, rontok, jerawat, kenaikan berat badan, hiperpigmentasi


4. NORPLANT

Norplant merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang bisa digunakan selama 5 tahun. Nortplant dipasang dibawah kulit diatas daging, pada lengan atas wanita. Alat ini terdiri dari 6 kapsul lentur seukuran dengan korek api yg terbuat dari bahan karet silastik. Masing-masing dari kapsul ini mengandung progestin levonogestrel sintetis seperti pada kandungan beberapa jenis pil KB lainnya. Hormon dalam kapsul ini akan lepas secara perlahan-lahan melalui kapsul sampai kapsul diangkat dari lengan pemakai. Kapsul ini juga terasa, bahkan kadang-kadang terlihat seperti benjolan atau garis pada lengan kulit.


Norplant sama artinya dengan implant. Dan juga merupakan satu-satunya merk implant yg saat ini ada di Indonesia. Oleh karena itu juga sering disebut dengan implant. Ada juga ditempat lain menyebutnya dengan susuk.


Kontra indikasi pemakain KB norplant adalah wanita yang menderita penyakit diabetes, kolestgerol tinggi, tekanan darah tinggi, migrain, epilepsi, benjolan pada payudara, depresi mental, kencing batu, jantung dan atau ginjal.


Kelebihan dari norplant ini adalah pemakaian yang cukup lama sehingga tidak terpengaruh faktor lupa seperti KB lainnya serta tidak mengganggu proses ibu menyusui atau ASI. Alat KB ini hanya dapat digunakan oleh dokter atau perawat  yang sudah ahli dalam bidangnya. Pemakaian norplant terkadang menimbulkan berat badan berlebihan dan juga haid tidak teratur.


5. Tubektomi atau sterilisasi pada wanita

Adalah suatu tindakan yang dilakukan pada kedua saluran telur wanita sehingga wanita tersebut tidak dapat lagi mendapatkan keturunan. Sterilisasi ini juga bisa dilakukan pada pria dan kemudian disebut dengan vasektomi. Jika salah satu pasangan sudah melakukan sterilisasi maka tidak dibutuhkan lagi alat kontrasepsi atau alat KB lainnya. Kemungkinan untuk hamil pada cara KB seperti ini sangat kecil sekali.

Faktor penting dalam pelaksanaan KB ini adalah kesukarelaan dari akseptor. Nah, untuk cara ini tidak boleh dilakukan oleh wanita yang belum menikah. Dasar dari dilakukan cara ini adalah jumlah anak dan usia istri. Contoh untuk istri yang usianya 25-30 tahun atau sudah mempunyai anak sebanyak 3 orang atau lebih.


Hukum menggunakan alat KB menurut Islam

Kalau kita cermati berdasarkan dari beberapa keterangan ulama bahwa hukum membatasi keturunan adalah tidak boleh. Namun, ketika itu dikaitkan dengan kondisi kesehatan sang ibu hukum nya menjadi boleh dengan alasan menjaga jarak atau mengatur kelahiran bayi selanjutnya. Sehingga penggunaan semua jenis KB ini tidak boleh permanen.

Anas bin Malik berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam memerintahkan untuk menikah dan melarang keras untuk membujang dan berkata, “Nikahilah wanita yang sangat penyayang dan yang mudah beranak banyak karena aku akan berbangga dengan kalian dihadapan para nabi pada hari kiamat ” [HR Ibnu Hibban 9/338,Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwa’ no 1784]



NB : Saya sendiri saat ini juga menggunakan KB. Yaitu IUD kalau tidak salah waktu itu yang berbentuk T. Setelah kelahiran anak saya yang ke 5, perawat dengan nada yang agak sewot menawarkan saya untuk menggunakan KB. Dengan alasan untuk menjaga kandungan agar tidak lagi hamil dalam waktu dekat karena sudah anak kelima, biar kandungan tidak rusak. Itu yang perawat katakan saat sewot menawarkan pada saya. Karena pas setelah lahiran pikiran sedikit kacau :) maka saya iyakan aja untuk dipasang langsung IUD oleh bidan rumah sakit tersebut. Sehingga sampai kini dalam usia penggunaan sekitar 4 bulan.

Nah, efek samping yang saya alami setelah sekitar 2 bulan menggunakan KB ini sungguh luar biasa. Dalam satu kesempatan timbul nyeri yang sangat menyakitkan seperti orang mau lahiran lagi. Sehingga hal ini saya tanyakan dahulu pada teman saya yang berprofesi juga sebagai bidan. Jawaban teman saya tersebut benar dan memberikan beberapa resep untuk saya minum, namun dia menyarankan terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terhadap IUD yang saya pakai.

Dalam pemeriksaan hasilnya masih bagus, penempatan IUD masih sesuai dengan tempatnya sehingga mustahil karena ini. Namun, dokter juga memberikan resep untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian bawah perut tersebut. 

Travel Set Tulipware Harga Grosir
BBM 298B8899 | WA 081399295740
Sepulang dari dokter, sehari kemudian masih sakit, dan saya pergi ke Dokter penyakit dalam untuk kembali memeriksa masalah sakit nyeri yang saya alami. Dari dokter penyakit dalam disarankan untuk memeriksakan ke dokter bedah. Untuk tahu masalah yang sebenarnya.

Sebelum ke dokter bedah, saya masih ingat teman bidan saya yang menyarankan untuk membeli resep yang dia berikan kalau timbul rasa nyeri karena IUD tersebut. Sehingga sore hari saya membeli obat dan saya minum malam harinya. Aha,,, pagi hari ada perubahan yang lumayan, nyeri tidak sakit seperti pada hari sebelumnya. Saya lanjutkan untuk minum pagi, siang dan sore. Alhamdulillah sembuh total sampai sekarang. Ternyata baru saya merasakan kalau menggunakan IUD itu sakitnya seperti ini ya... :)

Semoga info dari www.widjiume.com bermanfaat untuk teman semua, karena ini merupakan salah satu hal penting yang hampir semua wanita melakukannya, silahkan share sebanyak-banyaknya agar banyak yang tahu dan bermanfaat juga buat mereka. Macam-macam KB dan Efek Samping Serta Permasalahan Yang Biasa Muncul

0 komentar:

Poskan Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih