Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Ternyata Inilah 20 Manfaat, Bahaya dan Fakta Tentang Kopi Untuk Kesehatan

Ternyata Inilah 20 Manfaat dan Bahaya Kopi Untuk Kesehatan. Kopi merupakan salah satu minuman yang tidak hanya nikmat untuk dinikmati bersama saat istirahat dari lelahnya bekerja, namun juga menjadi salah satu minuman wajib bagi penggemarnya. Yaitu mereka yang selalu merokok, kebanyakan tidak lepas dari kopi sebagai salah satu teman saat santai. Baik dirumah maupun di warung tempat mereka berkumpul.


Bahaya dan Fakta Tentang Kopi
Ternyata Inilah 20 Manfaat, Bahaya dan Fakta Tentang Kopi Untuk Kesehatan


Sejatinya kopi sendiri baik laki-laki maupun perempuan banyak yang suka. Ada beberapa macam alasan yang menjadi dasar mereka suka minum kopi. Ada juga yang sekedar iseng akhirnya menjadi kesukaan minum setiap hari. Atau memang ada juga yang memanfaatkan dengan alasan agar tidak ngantuk saat melakukan aktivitas seperti bekerja dan lain sebagainya.

Kalau saya sendiri, memang tidak begitu jadi penggemar kopi. Namun, kalau belum minum rasanya kurang lengkap dalam sehari. Jadi kalau mau ya buat sendiri, atau kalau lagi malas ya tidak ngopi. Dan cara minum kopi bisa dikreasi sendiri, bisa dicampur dengan susu segar, jahe atau kopi hitam saja.


Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi

Kopi banyak yang suka, kenapa bisa berbahaya? Dan bagaimana manfaat dari kopi itu sendiri jika membahayakan ?

Memang segala sesuatu kalau tidak berlebihan maka tidak akan menimbulkan bahaya. Kebanyakan uang saja bisa membahayakan, apalagi kopi. Tentu saja lebih bahaya lagi :). Kembali ke manfaat kopi ternyata ada banyak sekali yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Kopi sendiri jangan berfikir untuk diminum saja, namun dari masih berujud buah sudah bisa kita manfaatkan untuk kesehatan manusia.

Kopi mengandung kafein yang bermanfaat untuk dunia kesehatan sebagai perangsang kerja jantung dan dapat meningkatkan produksi urine. Dalam dosis yang rendah kafein juga dapat berfungsi untuk bahan pembangkit energi dan stamina, serta penghilang rasa sakit. Selain itu dapat membuat kinerja tubuh semakin meningkat, tidak menimbulkan ngantuk, muncul perasaan segar kembali, mata dapat terbuka lebar, jantung berdetak agak cepat, tekanan darah naik, otot berkontraksi dan hati melepas gula kedalam darah sehingga membangkitkan energi. Inilah manfaat kafein dalam kopi.

Maka tidak heran jika semua jenis minuman pembangkit energi mengandung kafein sebagai salah satu bahan utamanya. Dan mungkin kita semua sudah dapat merasakan bagaimana efek saat kita minum pembangkit energi. Melek dan tidak ngantuk kan?

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang kopi dalam kehidupan manusia :


- Minum kopi dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Kopi yang kita minum tanpa adanya campuran gula dipercaya dapat menurunkan berat badan. Gula merupakan salah satu sumber lemak bagi tubuh sehingga harus kita kurangi penggunaan gula pada kopi. Kopi mengandung kafein dan beberapa senyawa lain yang merangsang percepatan metabolisme tubuh, dan menekan nafsu makan. Secangkir kopi pada pagi hari setelah makan dapat menghilangkan nafsu makan camilan. Sehingga bagi anda yang gemuk karena tidak dapat menahan camilan setiap saat, maka kopi bisa anda coba untuk menekannya.


- Minum kopi dapat menstimulasi sel-sel otak

Salah satu manfaat kopi adalah membantu otak untuk lebih banyak dalam memproduksi dopamine dan adrenalin dari pada biasanya. Efek dari hal ini adalah memori dan daya ingat akan meningkat dengan lebih baik lagi. Bagus juga buat kalian para mahasiswa untuk minum kopi sebelum belajar, sehingga dapat menjadikan daya ingat dan otak bekerja dengan maksimal.


- Minum kopi dapat mengurangi efek kurang tidur

Banyak yang beranggapan kalau minum kopi merupakan salah satu obat mujarab bagi mereka yang mudah mengantuk. Sehingga dari bau aroma kopi saja sudah dapat menghilangkan rasa kantuk apalagi jika meminumnya, tentu saja rasa kantuk tidak lagi terasa. Rasa kantuk tersebut akan berubah menjadi lebih bersemangat untuk bekerja atau beraktifitas. Dan kebanyakan orang mengakui hal ini. Mungkin juga anda mengalaminya :)


- Minum kopi bisa menurunkan resiko diabetes

Sejatinya penyakit diabetes penyebab utamanya adalah nasi hangat yang senantiasa kita konsumsi. Kadar gula dalam nasi hangat tersebut sangat tinggi, sehingga menjadi penyebab diabetes. Nah, dengan anda mengkonsumsi kopi, maka keinginan untuk makan berkurang, apalagi nasi hangat. Maka resiko diabetes bisa berkurang sedikit demi sedikit.


- Minum kopi dipercaya dapat mencegah penyakit al zheimer dan parkison

Beberapa sependapat kalau kopi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit alzeimer dan parkison yang biasanya menyerang orang tua. Tenyata bukan saja orang tua, banyak yang masih muda terkena penyakit ini. Dengan mengkonsumsi kopi maka penyakit ini dipercaya bisa terhindar sebesar 60 %.


- Minum kopi dapat memperpanjang umur

Ya, kita semua sepakat jika umur sudah ada yang menentukan. Manusia tidak dapat menambah atau mengurangi sedetikpun, sehingga bukan kapasitas kita untuk menentukan umur seseorang. Entah ada ilmuwan mana yang menyebutkan kalau peminum kopi punya harapan hidup yang lebih baik dari mereka yang tidak minum kopi sama sekali. Mungkin saja dengan minum kopi mereka menjadi lebih tenang dan santai. Sehingga menjadikan mereka terlihat awet muda.


- Minum kopi dapat mengatasi masalah daya ingat.

Kopi dalam salah satu artikel kesehatan menyebutkan bahwa dapat bermanfaat juga untuk mengatasi dimensia serta perubahan terkait usia dalam fungsi mentalnya. meningkatkan daya ingat atau memori, konsentrasi serta kewaspadaan dan perhatian. Ini tidak berlaku bagi mereka yang jarang mengkonsumsi kopi


- Minum kopi dipercaya dapat memperbaiki penglihatan atau kesehatan mata

Anti oksidan dalam kopi ternyata mengandung senyawa yang dapat mengurangi resiko glukoma pada mata. Sehingga dapat membuat mata lebih sehat dan menjaga penglihatan lebih baik


- Minum kopi dapat meningkatkan hubungan sesama lebih erat

Minum kopi berbeda dengan minum alkohol. Dengan minum kopi bersama dalam satu tempat istirahat atau gazebo akan dapat membuat suasana sesama teman semakin akrab. Bahkan juga pimpinan yang suka minum kopi bersama bawahan akan dapat membuat hubungan kedua belah pihak semakin terjalin baik.

20 Manfaat, Bahaya dan Fakta Tentang Kopi Untuk Kesehatan
Inilah 20 Manfaat, Bahaya dan Fakta Tentang Kopi Untuk Kesehatan



- Minum kopi dapat meningkatkan kualitas tidur

Beberapa orang justru akan semakin nyenyak tidur ketika mereka minum kopi sebelum tidur. Meskipun hal ini tidak berlaku untuk semua orang, namun bagi mereka yang melakukan ini justru membuat mereka lebih nyaman saat bangun tidur, dari pada yang tidak minum kopi. Anggapan orang minum kopi membuat tidak bisa tidur, dapat terbantahkan dengan alasan orang ini. Meskipun kebanyakan orang memang tidak dapat tidur sama sekali.


- Minum kopi dapat meningkatkan energi

Kandungan kafein dalam kopi merupakan senyawa kimia yang bermanfaat dan bisa meningkatkan energi, kesehatan mental, serta fisik seseorang. Kandungan sedikit gula juga menambah tenaga untuk tubuh. membuat semakin tambah bersemangat


- Minum kopi dapat mengatasi masalah depresi

Kopi juga mengandung senyawa penting yang bermanfaat untuk mengatasi dan obat anti depresi. Antioksidan yang terkandung didalamnya dapat menignkatkan rasa mood seseorang sehingga membuat lebih bahagia. Dan dalam satu penelitian peminum kopi beberapa cangkir dalam sehari jarang terkena depresi dan stres


- Minum kopi dapat mengurangi sakit kepala

Beberapa teman sering mengalami sakit kepala. Setelah beberapa hari tidak kunjung sembuh juga, akhirnya mereka mencoba untuk minum kopi. Dan ajaibnya setelah minum kopi tersebut rasa sakit kepala malah hilang seketika. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa orang dan saya sendiri juga telah mencobanya.


- Minum kopi melindungi kesehatan hati

Biasanya kerusakan hati disebabkan oleh bahan kimia yang banyak masuk dalam tubuh kita. Akan tetapi kopi dapat melindungi hati dari kerusakan akibat racun dan juga radikal bebas tadi. Antioksidan dalam kopi menurunkan resiko kerusakan hati jika kita mau dengan rutin mengkonsumsinya


- Minum kopi dapat mengurangi resiko kanker

Dalam sebuah sumber tentang kesehatan kulit, ternyata kopi juga dapat membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari kanker kulit. Bukan hanya itu saja, dapat juga mengurangi resiko kanker payudara dan kanker prostat.


- Kopi juga dapat dimanfaatkan merawat kecantikan kulit

Untuk menjadikan kulit halus dan cerah salah satu yang bisa digunakan adalah dengan memakai bubuk kopi sebagai masker atau lulur. Hal ini telah menjadi salah satu bahan utama kecantikan kulit, baik untuk wajah ataupun tubuh. Pemakaian secara rutin dipercaya akan dapat menghasilkan kulit lembut dan halus. Beberapa merk lulur juga menggunakan kopi sebagai bahan utama produknya.


- Minum kopi dapat mempengaruhi dan meningkatkan gairah hubungan intim

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menghasilkan bahwa tikus betina dominan dalam pengaruh ini. Namun, ini terjadi justru pada mereka yang tidak maniak kopi.


- Minum kopi dapat mengurangi rasa sakit setelah berolahraga

Setelah melakukan sejumlah aktifitas yang berat, baik bekerja atau berolah raga, minum kopi merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Bukan saja membuat rileks tubuh dan fikiran, minum kopi juga dipercaya dapat mengurangi rasa letik dan sakit otot setelah berolah raga.


- Kopi ditemukan oleh kambing

Sekitar 800 SM silam, sekumpulan kambing tidak tidur semalaman. Hal ini tentu saja membuat repot penggembala. Setelah di selidiki ternyata kambing tersebut makan biji kopi merah. Sejak saat itulah kopi menjadi salah satu minuman yang dapat membuat orang terjaga dari tidurnya.


Bahaya minum kopi

Selain banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata kopi juga bisa membahayakan tubuh. Yaitu efek ketergantungan yang sulit dihilangkan. Meskipun tidak pada semua orang, namun kebanyakan yang biasanya minum kopi dan menghentikan, maka justru akan membuat kepala pening. Nah, saat inilah harus minum kopi untuk menghilangkan sakit pening kepala tersebut. Ketergantungan ini tidak dialami oleh semua orang, terbukti ada juga yang ngopi sekedar iseng saja, sehingga ketika sehari saja tidak minum kopi tidak mempengaruhi kondisi tubuh atau mengalami kepala pusing.

Begitu juga pada ibu hamil maka disarankan untuk tidak sering minum kopi. Karena kandungan kafein dapat membuat denyut jantung meningkat yang akan berpengaruh pada janin. Selain itu banyaknya kafein sendiri juga dipercaya membuat insomnia, sakit kepala, merasa tegang dan mudah marah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih