Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Manfaat Jahe Yang Tidak Pernah Kita Tahu Dan Rahasianya...

Siapa sih yang tidak kenal dengan tumbuhan yang satu ini. Jahe, merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer sebagai tanaman obat dan rempah-rempah. Dahulu waktu kita masih SD, pernah kita dengar istilah yang cukup populer yaitu TOGA. Siapa yang masih ingat apa kepanjangan dari TOGA ini? Ya, kepanjangannya adalah Tanaman Obat Keluarga. Maka, salah satu tanaman yang tidak terlewatkan adalah Jahe. Karena sangat mudah dalam menanam dan mudah tumbuh di berbagai tempat. Disamping itu manfaat luar biasa bisa kita dapatkan dari jahe ini.

Manfaat jahe gajah1
Jahe Gajah


Kini setelah saya pindah ke kampung yaitu di Solo, jahe lebih mudah lagi untuk ditemukan. Dengan harga yang lebih murah. Dan kemarin sempat juga membuat minuman yang berasal dari jahe ini. Yaitu wedang ronde, meskipun dengan sederhana dan apa adanya ternyata, suami dan anak-anak sangat menyukainya. Baca juga : Inilah Cara Mudah Membuat Wedang Ronde Nikmat dan Mantap

Sebenarnya apa sih manfaat dari jahe ini?

Jahe itu ada beberapa macam jenisnya. Setiap jenis berbeda manfaat yang dapat kita ambil. Jenis jahe yang pertama yaitu jahe badak/jahe gajah. Jahe ini merupakan komoditas internasional mempunyai bentuk besar dan gemuk dengan rasa tidak terlalu pedas. Adapun daging rimpang berwarna kuning hingga putih.

Jenis jahe yang kedua adalah jahe kuning. Jahe lokal yang banyak digunakan untuk bumbu masakan atau penyedap aroma. Karena rasa dan roma cukup tajam. Ukuran dari jahe ini sedang dengan rimpang berwarna kuning. Kita dapat menemukan masakan yang menggunakan jahe ini seperti pada bubur, sekoteng, bandrek dan wedang jahe itu sendiri.


Jenis jahe yang ketiga adalah jahe merah. Jahe merah merupakan jahe yang mempunyai rasa paling pedas ditambah dengan kandungan minyak atsiri yang tinggi. Sehingga sangat cocok untuk menjadi bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpang paling kecil dengan kulit warna merah, mempunyai serat lebih besar dari jahe biasanya.


Itulah dari beberapa manfaat dari berbagai jahe yang mungkin saja belum kita ketahui. Terbukti ada obat, makanan atau minuman yang menggunakan jahe sebagai bahan dasarnya. Dapat kita temukan seperti tolak angin/antangin, obat batuk, kopi jahe, permen dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat jahe kuning1
Jahe Kuning

Nah, yang lebih menarik lagi ya teman-teman semua, jahe itu disebut-sebut dalam Al-qur'an dan termasuk tanaman yang digunakan untuk pengobatan oleh Rasulullah. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadist.

Sementara Allah Subhanahu Wata’ala memujinya dalam salah satu surat yang bunyinya sebagai berikut;

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.“ (QS: Al Insan (76 ) : 17 )

Para ulama  berpendapat bahwa yang dimaksud di dalam ayat ini adalah minuman surga yang di campur zanjabil (jahe).

Dalam Tafsir Nurul Qur’an oleh Sayyid Kalam Faqih, beliau mengutip dari perkataan Ibnu Abbas bahwa: “Kenikmatan – kenikmatan yang telah disebutkan Allah dalam al Qur’an adalah yang namanya kita kenal. Misalnya, Dia menyebutkan “minuman segar di campur zanjabil”, zanjabil adalah nama untuk jahe, yaitu tanaman akar-akaran yang aromanya sangat disukai oleh orang Arab (Faqih, 2006 : 52)

Manfaat Jahe Merah1
JAHE Merah
Setelah kita tahu manfaat yang luar biasa dari jahe ini, maka kita bisa mengkonsumsi dan menyimpan sebagai bahan obat dan rempah-rempah keluarga. Sehingga apabila sewaktu-waktu membutuhkan, tidak perlu lagi untuk mencari kepasar. Oiya, kita juga bisa menanam sendiri di pekarangan rumah jika punya, atau di pot juga bisa. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan jahe sebagai salah satu tumbuhan yang banyak manfaat bagi keluarga tercinta.

Untuk melihat berbagai tulisan saya tentang JAHE, silahkan klik ini dan jangan lupa untuk share ya. Terima kasih, salam.

2 komentar:

  1. manfaat jahe yang luar biasa ternyata banyak juga ya jenis dan macamnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam mbk aeuko,

      Terima kasih telah berkunjung di blog saya,

      Benar sekali apa yang mbk sampaikan, bahkan sampai sekarang saya juga masih menyimpan jahe untuk persiapan manakala ingin membuat wedang jahe sendiri.

      Banyak yang dapat kita kreasikan dari jahe ini untuk dibuat minuman. Dan karena manfaat yang luar biasa tersebut, jahe digunakan untuk berbagai minuman yang dijual diberbagai daerah hampir tersedia.

      sudahkah anda rutin mengkonsumsi jahe??

      Semoga bermanfaat ya mbk

      Hapus

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih