Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Enak Ya Buang Sampah di Sungai...!!??

Jangan buang sampah di sungai/kali. Inilah tulisan yang saya buat tadi malam. Dan kemudian pada pagi harinya saya pasang dipinggir sungai tepat di depan jembatan dekat dengan rumah.

Sejak kami menempati rumah yang baru, sungai di pinggir rumah sering saya bersihkan. Dulu banyak sekali semak belukar rumput dan tanaman lain yang membuat sungai tampak kurang bersih dan gelap. Dengan keadaan seperti itu, maka tidak heran dapat menjadi sarang nyamuk, ular dan binatang berbisa yang lain. Setelah rutin saya bersihkan beberapa kali, kini sungai tersebut terlihat lebih bersih dan terang.

dampak buang sampah sembarangan
Dampak buang sampah sembarangan


Sebelum kami datang, keadaan sungai ini banyak sampah yang sengaja dibuang disitu. Sehingga dalam waktu yang cukup lama menimbulkan bau yang kurang enak. Bahkan dalam tumpukan sampah tersebut ada bekas sampah plastik minyak dan sisa makanan. Dari tetangga sebelah memberitahu kami bahwa sisa makanan tersebut adalah berasal dari KFC di pinggir jalan yang sengaja dibuang disitu, beserta bekas plastik minyak yang digunakan. Dengan informasi yang sangat baik ini, suami saya langsung mendatangi tukang KFC dan menghimbau untuk tidak lagi membuang sampah di sungi dekat rumah kami. Berhasil! Tukang KFC tidak lagi buang sampah disungai.

Pagi hari, suami dan anak-anak sengaja untuk duduk di depan rumah menikmati udara segar. Maklum karena masih banyak tanaman dan memang berada diantara sawah-sawah yang membentang, sehingga udara terasa sejuk dan segar. Dalam kesempatan itu ternyata ada juga seorang ibu-ibu yang membawa sekantong plastik sedang dan gelagaknya berniat ingin buang sampah. Sehingga saat melihat kami ada di depan rumah, akhirnya tidak jadi buang sampah di sana. Sejak saat itu, sungai dekat rumah kami tidak ada yang membuang sampah lagi. Bersih untuk beberapa waktu.

Namun, belakangan kembali terjadi. Bungkusan plastik sampah yang berisi popok bayi dibuang begitu saja. Entah kapan mereka membuang, yang jelas sudah ada disana. Rasa emosi dari saya sebagai manusia muncul, ini adalah hal yang wajar. Karena tidak seharusnya mereka melakukan hal itu, mengingat dekat dengan rumah yang ada penghuninya. Walaupun tidak seharusnya juga membuang sampah di sungai lain dimanapun itu

Jujur saja, saya punya bayi usia 2 bulan. Menggunakan popok juga. Sehingga saya tahu bagaimana sampah popok itu. Dan saya pantang untuk membuang ke sungai dekat rumah saya sendiri. Orang saya yang membersihkan sungai sampai bersih, masak mau dikotorin sendiri...tidak pernah terlintas dalam fikiran saya


Apa yang saya lakukan dengan sampah popok bayi ? Ya, popok tersebut saya bersihkan kemudian saya buka dan isinya saya keringkan kemudian saya bakar. Begitu juga dengan kulit popoknya. Sehingga tidak akan menjadi masalah bagi lingkungan, karena popok tersebut tidak lumat begitu saja. Bahkan mungkin butuh waktu berbulan-bulan bahkan tahunan untuk hancur sendiri.

jangan membuang sampah disungai
Jangan membuang sampah disungai


Kini papan nama, dengan tulisan "Jangan buang sampah di sungai/kali" sudah saya pasang untuk menjadi peringatan bagi pembuang sampah disungai.

Menurut pendapat saya, yang biasa buang sampah disungai adalah mereka yang tidak punya tempat sampah disekitar rumah. Atau tempat sampah dirumah mereka sudah penuh dan tukang sampah tidak segera mengambilnya. Sehingga ketika popok tidak segera dibuang, dapat menimbulkan bau. Keadaan seperti ini membuat mereka "terpaksa" membuat sampah dimana saja yang menurut mereka 'pantas', termasuk juga disungai.

Kalau orang kampung saya rasa tidak mungkin membuang sampah disungai-sungai. Karena biasanya orang kampung itu punya tempat sampah, yang berada di kebun [kebon/pauan] mereka sendiri. Namun, kalau orang perumahan bisa jadi hal itu terjadi. Maklum saya juga pernah ngontrak diperumahan yang minim tempat sampah, kalau sudah penuh dan tidak segera diambil akan timbul belatung dan bau. Gimana pula jika punya bayi dan selalu menggunakan popok setiap hari. Anda bisa membayangkan sendiri. Dan ini pernah saya alami. Namun, tidak lantas membuang sampah di sungai seenaknya saja.

Semoga tulisan ini bermanfaat.
http://www.widjiume.com/2016/10/enak-ya-buang-sampah-di-sungai.html
Salam
www.widjiume.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih