Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Resep dan Cara Membuat Sambal Belut Yang Mantap Nikmat serta Lezat

Belut merupakan salah satu hewan termasuk dalam keluarga ikan. Namun, mempunyai perbedaan sangat jauh yaitu tidak mempunyai sirip. Jenis dari belut sendiri sangat banyak sekali, bahkan lebih dari 20 jenis berbeda atau lebih. Dan semua daerah tropis akan dengan mudah ditemukan hewan ini. Baik dalam musim hujan maupun musim kemarau, kita dapat menemukan belut di persawahan. Biasanya beberapa hari setelah panen, maka sawah akan dibajak untuk kembali ditanami, nah saat inilah belut akan mudah kita temukan.


Bicara soal belut, beberapa hari ini kakak saya mencari belut malam hari dan mendapatkan banyak sekali. Mulai dari kecil sampai besar, dan terkumpul sampai beberapa kilo. Banyak yang sudah pesan sehingga menjadi salah satu pendapatan tambahan. Lumayan, kalau dalam sekilo dapat di jual seharga 40 ribu.

Resep Cara Membuat Sambal Belut Yang Mantap Nikmat serta Lezat
Resep dan Cara Membuat Sambal Belut Yang Mantap Nikmat serta Lezat


Untuk resep masakan kali ini, saya akan menulis bagaimana cara membuat sambal belut yang mantap dan nikmat serta lezat. Sehingga tidak hanya kita nikmati saat di goreng kering, namun juga dapat kita jadikan sambal bagi anda yang doyan dengan belut dan rasa pedas. Untuk membuat sambal belut, berikut beberapa bahan dan persiapan yang harus dilakukan :


Bahan untuk membuat sambal belut sebagai berikut :

  • 1/2 kg belut segar dan pilih yang agak besar
  • 1/2 butir gula jawa
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 5 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya

Setelah bahan dan bumbu sudah tersedia, maka untuk membuat sambal belut dapat dengan mudah seperti pada  urutan cara dibawah ini :
  1. Bakar/goreng belut, jangan terlalu kering, angkat lalu tiriskan, bersihkan buang kepala dan durinya
  2. Bakar/goreng bawang putih juga bawang merah sampai layu, sedangkan cabai bisa digoreng atau dibiarkan mentah, tergantung selera anda
  3. Bahan diatas dapat dicampur diuleg atau dihaluskan. Tambahkan garam, dan gula, kemudian tambahkan penyedap rasa secukupnya. Haluskan sampai bumbu merata.
  4. Sambal belut sudah jadi dan siap untuk disajikan. Akan lebih nikmat lagi disajikan bersamaan dengan nasi liwet dengan lalapan.

Bagi sahabat penggemar pedas mungkin dapat menambahkan cabai sebagai penguat rasa pedas kesukaan anda. Namun, bagi anda yang kurang menyukai sebaiknya secukupnya saja agar tidak menyurutkan anda dalam mengkonsumsi sambal belut ini. Untuk belut sendiri kalau bisa yang berasal dari sawah sehingga mempunyai rasa lebih enak dari pada belut hasil budidaya.


Musim sehabis panen ini kakak saya mendapatkan belut lumayan banyak, silahkan lihat besar kecil belut yang didapat beberapa hari ini.


Resep dan Cara Membuat Sambal Belut Yang Mantap Nikmat serta Lezat
Resep dan Cara Membuat Sambal Belut Yang Mantap Nikmat serta Lezat

Resep dan Cara Membuat Sambal Belut Yang Mantap Nikmat


Dengan ukuran tersebut, maka belut dapat kita manfaatkan dengan dibuat sambal belut. Kalau kecil dapat langsung digoreng ditambah dengan tepung seperti biasa. Namun, untuk ukuran besar dibuat sambal belut akan lebih nikmat. Semoga resep cara membuat sambal belut ini bermanfaat untuk sahabat.


cream aeuko
Memberikan wajah lebih cerah dan bersih
PIN BB 23687D82
SMS/WA 08569834604