Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Resep Masakan dan Cara Membuat Dendeng Ragi atau Srundeng

www.widjiume.com - Resep masakan dendeng ragi ini mudah untuk dilakukan. Dan ini merupakan salah satu makanan kesukaan saya waktu kecil, karena ada rasa manis dengan tambahan daging didalamnya. Bahkan kemarin saat Idhul Qurban juga sempat membuat dendeng ragi dengan daging sapi. Begitu juga dengan resep kali ini, kita akan menggunakan daging sapi sebagai bahan utama.


Dendeng ragi ini kalau ditempat saya sering disebut dengan nama srundeng. Kalau untuk penamaan ragi kurang begitu dikenal. Namun, didaerah tertentu malah terjadi sebaliknya. Mereka biasanya menyebut dengan ragi bukan srundeng, seperti didaerah solo kota, maka penyebutan ragi sudah biasa. Kalau saya ini kan di desanya, maka lebih terkenal dengan nama srundeng. Dulu masakan ini juga banyak digunakan untuk orang yang mengadakan hajatan, namun sepertinya saat ini sudah berkurang atau tidak menggunakan lagi. Penggunaan lain dari ragi atau srundeng ini bisa digunakan untuk isi lemper atau ketan yang dijual dipasar, namun tanpa campuran daging. Nah, bagaimana cara membuat dendeng ragi atau srundeng ini??


Bahan dan bumbu untuk membuat dendeng ragi

Bahan-bahan untuk membuat dendeng ragi atau srundeng adalah terdiri dari 2 macam yaitu 1/2 kg daging sapi dan 1 butir kelapa setengah tua. Jangan terlalu muda atau terlalu tua, sedang saja.

Nah, kemudian untuk bumbu-bumbunya dapat di siapkan sebagai berikut :
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 2 lembar daun salam
  • 3 buah cabe merah
  • 1 jari lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • Asam, garam, gula merah secukupnya
Setelah semua bahan dan bumbu tersedia, untuk cara memasak dendeng ragi dapat dilakukan dengan urutan masak seperti dibawah ini :
  1. Daging sapi dicuci bersih dan diiris-iris, kelapa diparut. Semua bumbu dihaluskan kecuali gula merah dan daun salam
  2. Irisan daging diremas-remas dengan bumbu halus tersebut, kemudian ditumis, dituangi air lalu salam dan gula meah dimasukkan, berikutnya kelapa parutan, digoreng terus dengan api kecil sampai agak kering ( warna kuning )
Ragi atau srundeng dikenal lebih awet atau tahan lama dari pada makanan yang lain. Meskipun tidak dilakukan pemanasan ulang, namun tidak mudah basi. Menggunakan daging sapi sangat cocok sekali, apalagi jika diolah dengan empuk dan mudah untuk dikunyah, wah tentu lebih nikmat. Dan masih bisa loh menggunakan daging lainnya seperti ayam, kambing dan lainnya. Nah, kenapa waktu kecil suka dengan ragi atau srundeng ini, karena nenek saya sering membuatnya. Sehingga saat berkunjung kerumah nenek akan selalu ada menu dendeng ragi atau srundeng ini. Anda tertarik untuk mencoba resep masakan dendeng ragi ini?? Semoga mendapatkan rasa nikmat untuk sajian keluarga anda. Salam lezat nikmat.

minyak bulus untuk menghilangkan jerawat
Minyak Bulus Bagus Untuk Jerawat
Wajah cerah bersih dan Kencang

Hubungi PIN BB 23687D82
WA 08569834604