Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Cara Membuat Sambal Hijau Yang Mantap

Ada seseorang yang jika makan tidak pakai sambal rasanya kurang lengkap. Makan dengan sayur apapun mintanya sambal sebagai pelengkapnya. Begitu juga dengan suami saya yang suka dengan sambal. Apalagi jika sambal itu mertua yang bikin, makin tambah sayang saja deh sama mertua. Tapi tidak masalah karena bisa kita tiru cara membuat dan semua bahan sambal yang lezat dan nikmat.


Nah, kali ini saya akan membuat resep sambal hijau yang mantap. Kebayang banget waktu dulu kerja masih suka makan dengan nasi padang, sambal khasnya tentu saja sambal hijau. Walaupun sekarang ini ada beberapa rumah makan padang tidak menggunakan sambal hijau, namun rasanya tetap saja menjadi favorit. Sambal hijau identik dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya yaitu cabai yang berwarna hijau.

Cara Membuat Sambal Hijau Yang Mantap

Dengan melihat penampilannya saja sudah membuat kita terasa ngiler banget. Gimana jika makan dengan sambal itu ya? Belum lagi jika ada tambahan petai sebagai lalapan sambal itu, wah tambah nikmat saja nih resepnya...

Untuk membuat sambal hijau bahan yang perlu untuk disiapkan adalah sebagai berikut :
  • 100 gr cabai hijau keriting
  • 100 gr ikan teri tawar
  • 6 buah bawang merah
  • 2 buah tomat matang
  • 2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
Setelah semua bahan diatas tersedia, untuk membuat sambal hijau dapat dilakukan dengan langkah seperti dibawah ini, urut dari :
  1. Ikan teri tawar digoreng hingga kering, lalu bersihkan, buang kepala dan warna hitam pada diperutnya untuk mencegah agar teri tidak terasa pahit
  1. Cabe hijau, tomat, bawang merah direbus. Jangan terlalu banyak airnya
  1. Uleg kasar cabai hijau dan garam secukupnya kemudian masukkan bawang dan tomat rebus tadi, dan uleg lagi campuran tadi.
  1. Masukkan teri tawar dan perasan air jeruk nipis, uleg sampai merata.
  1. Selesai, sajikan pada mangkuk khusus sambal agar penampilan menggoda
Bagi ibu yang sudah terbiasa atau suka dengan sambal tentu saja mudah untuk membuat sambal hijau ini. Apalagi jika sekeluarga hobi dengan sambal, makan tanpa sambal bisa terasa hambar. Silahkan mencoba, semoga resep cara membuat sambal hijau bermanfaat untuk sahabat.

Sambal yang lain bisa anda lihat pada tulisan berikut :
- Cara Membuat Sambal Mangga
- Cara Membuat Bumbu Rujak