Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Buah-Buah Yang Ada Dalam Al Qur'an dan Manfaatnya

Buah-Buah Yang Ada Dalam Al Qur'an dan Manfaatnya

Buah-Buah Yang Ada Dalam Al Qur'an dan Manfaatnya - Berbagai buah-buahan banyak yang sudah kita rasakan rasa dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita. Aneka buah yang ada diberbagai belahan dunia pun bisa kita dapatkan dengan mudah. Bahkan untuk saat ini buah-buahan sudah tersebar diberbagai negara dengan perkembangan perekonomian yang ada.

Salah satu contohnya adalah buah kurma. Buah yang hanya ada di Timur Tengah ini bisa kita jumpai diberbagai tempat di Indonesia bahkan di beberapa negara. Terutama saat bulan Puasa tiba. Buah yang satu ini menjadi favorit untuk umat Islam dalam memberikan manfaat yang baik untuk ibadah puasa mereka, sehingga tidak heran banyak toko yang menyediakan kurma dengan berbagai merk dan kualitasnya.

Nah, ternyata ada beberapa macam buah yang secara langsung disebutkan dalam Kitab Suci Al Qur'an sebagai buah yang baik untuk umat manusia. Salah satunya adalah kurma tersebut. Berikut adalah sedikit penjelasan dari buah yang ada dalam  Al Qur'an dan manfaatnya :

1. Buah Kurma. Disebutkan, "“Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: ‘Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah….” (QS. Maryam : 24-26).

Buah kurma yang tersebut dalam surah Maryam merupakan buah yang pohonnya tumbuh pada padang gersang dengan suhu yang panas dan memiliki banyak manfaat terutama pada ibu hamil yang sedang menghadapi persalinan. Kurma, dengan kandungan 50% gula, sungguh sangat bergizi karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan. Tentu saja setiap persalinan mengeluarkan banyak darah sehingga gula darah juga ikut hilang, sehingga kurma merupakan makanan yang tepat untuk menambah gula darah tersebut.

2. Buah Pisang. Buah pisang merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al Qur'an yang merupakan buah-buahan Surga. Dalam surat tersebut Allah berfirman :

وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),” (QS. Al-Waqi’ah : 29)

Kita tidak bisa membayangkan buah pisang yang ada di Surga nanti seperti apa. Terkadang melihat buah pisang yang besar saja sudah begitu terheran-heran, apalagi membayangkan sesuatu yang belum pernah di lihat dan dirasakan selama didunia.

Buah pisang mempunyai nilai gizi yang sangat banyak, terbukti pada sebuah rumah sakit besar di Jakarta menggunakan pisang sebagai buah wajib untuk pasien. Kandungan pisang terdiri atas air sebanyak 75%, protein 1.3% dan lemak 0.6%. Di samping menolong menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir. Tingginya jumlah potassium yang dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.

3. Buah Delima. Disebutkan dalam QS. Al-An’aam ayat 141, Allah berfirman :

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-An’aam : 141)

Buah delima mengandung potassium dalam jumlah yang cukup besar, disamping itu kandungan lain seperti fosfor, kalsium, besi dan berbagai vitamin mulai dari vitamin A, B1, B2, B3 dan C. Buah delima bermanfaat untuk menguatkan jantung, menghilangkan rasa letih otot, mencegah edema dan mengurangi kadar gula dalam darah dan manfaat lainnya.

4.  Buah Tin. Buah ini tidak ada di Madinah ataupun didaerah Hijaz. Tersebut dalam Al Qur'an hanya sekali dalam Surah At-Tiin ayat 1. Buah tin mengandung gula dengan kadar yang sangat  tinggi. Bermanfaat untuk menghentikan pendarahan dan mengandung vitamin K yang bermanfaat dalam proses pembekuan darah.

Adapun manfaat buah tin adalah sebagai berikut :

Untuk mengobati susah buang air besar. Seduhlah 3 sampai 4 butir buah tin kering dalam gelas yang berisi air dingin pada sore hari, lalu pada pagi harinya buah ini dimakan dan airnya diminum.
Untuk mengobati penyakit usus atau lambung. Potong 6 sampai 7 buah tin kering, lalu tenggelamkan dalam minyak zaitun, dicampur beberapa potong jeruk nipis, lalu biarkan selama satu malam penuh dan potongan-potongan buah tin ini bisa dimakan beserta airnya pada pagi hari.
Untuk mengobati luka dan bisul. Balutkan buah tin yang kering yang telah dididihkan dengan susu untuk memecah buah tin yang kering ini agar terbuka bagian dalamnya secara keseluruhan. Didihkan selama beberapa menit dengan susu biasa. Setelah dingin, tutuplah luka dengan ramuan ini dan letakan bagian dalam buah tin ini tepat diatas luka, lalu ikat dengan kain dan perbarui pembalutan ini tiga sampai empat kali dalam sehari.
Untuk mengobati haid yang tidak teratur. Didihkan 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu minum. Ramuan ini untuk mengobati batuk juga gangguan haid, dan melancarkan haid. Ramuan ini berfungsi juga untuk obat kumur dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

5. Buah Zaitun. Buah ini tersebut dalam Al Qur'an Surah An Nahl : 11, Allah berfirman :

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Berbagai manfaat minyak zaitun adalah sebagai berikut ini :
- Meningkatkan fungsi lever dengan lebih sempurna
- Memperkuat fungsi rangka tubuh sehingga membuat tubuh lebih awet muda
- Merupakan sumber yang sangat penting untuk gizi manusia
- Bisa digunakan untuk memasak
- Dapat mengurangi jumlah asam yang ada dalam pencernaan
- Melindungi perut dari penyakit radang usus dan atau penyakit maag
- Membuat kantong empedu bergerak dengan teratur
- Membantu mencegah timbulnya urat darah koroner melalui pengurangan LDL (kolesterol yang kurang baik)
- Meninggikan tingkat HDL (kolesterol baik) dalam darah
- Sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan menjaga sel-sel yang penting bagi tubuh.

6. Buah Anggur. Buah yang menjadi favorit bagi semua orang ini ada dalam Al Qur'an, bahkan sejak jaman Nabi Nuh as. Buah ini disebut dalam Al Qur'an sebanyak 14 kali. Buah anggur baik untuk dimakan saat masih segar maupun ketika sudah kering. Adapun beberapa manfaat buah anggur adalah sebagai berikut ini :

Anggur merupakan buah yang mudah dicerna, dapat menggemukan, dan dapat menyuplai gizi yang yang cukup. Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yang sama, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi buah, makanan, minuman, maupun sebagai obat.
Kandung gizi yang tinggi pada anggur bisa digunakan sebagai obat seperti obat batuk, obat darah, pencernaan, dan bermanfaat juga untuk orang yang terkena sakit lambung. Baik juga untuk mengatur pola makan bagi anda yang sedang melakukan program diet.

Jus anggur juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit wasir, gangguan pencernaan, batu ginjal, batu empedu dan lain-lain. Baik diminum sebelum sarapan dan sebelum makan malam yang akan membuat tidur kita lebih nyenyak. Baik untuk orang yang sedang keletihan, keracunan, dan masa penyembuhan, terutama yang sedang terkena batu ginjal.

7. Buah Khuldi. Tidak tahu persisi buahnya seperti apa, namun banyak yang menganggap buah yang menyebabkan Bapak (Nabi Adam as.) kita dan Ibu (Siti Hawa) kita diturunkan dari surga seperti buah apel, tomat, atau gandum. Seperti yang tertulis dalam Al Qur'an Allah berfirman :

فَدَلَّىٰهُمَا بِغُرُورٍ ۚ فَلَمَّا ذَاقَا ٱلشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْءَٰتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِن وَرَقِ ٱلْجَنَّةِ ۖ وَنَادَىٰهُمَا رَبُّهُمَآ أَلَمْ أَنْهَكُمَا عَن تِلْكُمَا
ٱلشَّجَرَةِ وَأَقُل لَّكُمَآ إِنَّ ٱلشَّيْطَٰنَ لَكُمَا عَدُوٌّ مُّبِينٌ

“Maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?” (QS. Al-A’raaf : 22)

فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ ٱلشَّيْطَٰنُ قَالَ يَٰٓـَٔادَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ ٱلْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَّا يَبْلَىٰ

“Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?” (QS. Thaha : 120)

فَأَكَلَا مِنْهَا فَبَدَتْ لَهُمَا سَوْءَٰتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِن وَرَقِ ٱلْجَنَّةِ ۚ وَعَصَىٰٓ ءَادَمُ رَبَّهُۥ فَغَوَىٰ

“Maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia.” (QS. Thaha : 121)

Buah yang ada dalam Al Qur'an tersebut jumlahnya ada 7 macam. Dari beberapa macam buah tersebut kita sudah sering memakan dan ada juga yang belum bahkan belum tahu seperti apa buah yang dimaksud. Dengan informasi tersebut berarti beberapa buah mempunyai khasiat yang luar biasa untuk umat manusia dalam kehidupan didunia ini. Sekarang bagaimana kita memanfaatkan karunia yang telah dianugerahkan Allah Ta'ala untuk umat manusia.

4 komentar:

  1. Ilmu yang bermanfaat, mengkaji al Qur an dan kesesuaian dengan kehidupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung mb endah,
      semoga bermanfaat untuk kita semua.

      Selamat siang

      Hapus
  2. Alhamdulillah ilmuku bertambah lagi..

    Di bawah ini adalah manfaat buah "KHULDI" menurut apa yang saya pikirkan..

    Akibat buah khuldi yang tak memberikan manfaat pada ADAM & HAWA yang hanya memberikan dosa besar ternyata di dalamnya terdapat manfaat begitu besar bagi kita sebagai ANAK, CUCU dari ADAM & HAWA.

    Artinya dari sekian banyaknya buah yang kita ketahui!!!
    buah "KHULDI"lah, buah yang tak memiliki sedikitpun manfaat dan buah "KHULDI" pula buah yang paling memiliki begitu banyak manfaat dari sekian banyaknya buah...
    Sama halnya Seperti kalimat yang pernah saya dengar sebagai berikut :
    "dari sesuatu hal buruklah tercipta sesuatu hal yang baik"

    Jika bukan karna buah "KHULDI" takkan pernah tercipta langit dan bumi dan takkan pernah ada kehidupan di dalamnya dan kitapun takkan pernah di ciptakan oleh ALLAH S.W.T.

    Maka dari itu tubuh kita membutuhkan buah-buahan karna awal kita hidup di bumi karna "BUAH"

    Maha adil tuhan menciptakan kita berpasang-pasangan.
    Nikmat tuhan yang patut kita syukuri..

    "Sesungguhnya Dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal"
    (Alquran, Surah Ali-Imran, Ayat 190)

    Terimakasih telah berbagi ilmu..
    Karna bagiku sesuatu hal yang bermanfaat adalah berbagi ilmu yang bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang pak Adhan, terima kasih telah berkunjung.


      Baik sama2 pak,semoga bermanfaat untuk semua sahabat.

      Hapus

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih