Situs yang menyajikan informasi tentang wanita,kesehatan, kecantikan, rumah tangga dan berbagai tips menarik lainnya. Jual cream sari, kanza, minyak bulus, acerola, bianka viex, biex, CX, tulipware | WA 08569834604

Flek Pada Saat Hamil

Flek Pada Saat Hamil - Kehamilan yang sehat / cara menjaga kesehatan ibu hamil

flek pada saat kehamilan
Cream sari - Flek pada ibu hamil bisa saja terjadi pada siapapun dan tentu saja akan sangat mencemaskan bagi seorang ibu. Bentuk pendarahan bisa bervariasi, mulai dari flek kecil atau bercak sampai pendarahan hebat  dengan gumpalan darah disertai dengan kram perut yang hebat.

Perdarahan memang bisa terjadi kapan pun sepanjang kehamilan. Pendarahan pada awal kehamilan bisa merupakan kejadian yang normal dan bisa juga tidak normal. Sebagian ibu hamil mengalami perdarahan bercak atau flek pada awal kehamilan, mereka umumnya dapat tetap meneruskan kehamilannya dan melahirkan bayi yang sehat.

Adanya flek pada awal kehamilan bisa terjadi karena beberapa sebab seperti :
  • Peristiwa implantasi embrio yaitu saat telur hasil pembuahan melekatkan diri pada dinding rahim yang menyebabkan dinding rahim melepaskan sejumlah kecil darah. Umumnya terjadi sekitar kehamilan minggu ke-7 dan ke-9, yang terjadi selama satu hingga dua hari.
  • Leher rahim atau serviks melunak dan mengandung lebih banyak pembuluh darah karena pelebaran pembuluh darah yang umum terjadi pada masa awal kehamilan.
  • Pengaruh hormonal juga dapat menyebabkan flek
Walaupun adanya flek diawal kehamilan bisa terjadi secara normal, sebaiknya ibu hamil tetap memeriksakan dan konsultasi ke dokter atau bidan. Karena dikhawatirkan ada penyebab lain yang lebih serius yang membahayakan kehamilan seperti ancaman pengguguran, hamil anggur atau kehamilan diluar kandungan (Kehamilan Ektopik Terganggu /KET).

Ancaman keguguran, hamil anggur (Mola) dan KET biasanya ditandai dengan gejala-gejala : pendarahan bercak/flek ataupun perdarahan banyak sering disertai dengan rasa mulas/kram pada perut bagian bawah. Pada peristiwa keguguran perdarahan bisa disertai dengan keluarnya bekuan darah atau jaringan hasil pembuahan/janin. Pada KET seringkali dirasakan kram perut yang sangat hebat, kadang disertai keringat dingin, mual dan bisa sampai pingsan. Pada Mola biasanya perdarahan vagina disertai keluarnya jaringan yang menyerupai buah anggur.
Maka yang harus dilakukan ibu hamil terjadi flek saat kehamilan adalah :
1. Istirahat / berbaring total hingga pendarahan berkurang atau berhenti
2. Tidak melakukan aktifitas fisik atau mengangkat beban yang berat
3. Hindari dahulu melakukan hubungan seksual
4. Periksa kedokter atau bidan, bila diperlukan akan diberikan obat untuk memperkuat kandunga.

Sebelum terjadinya flek pada saat hamil anda alami, alangkah lebih baik dari sebelum hamil kondisi kesehatan anda benar-benar prima. Jaga kesehatan dengan pola makan bergizi dan seimbang. Disamping itu bisa anda tanyakan pada mereka yang sudah pernah hamil beberapa kali, sehingga membuat anda lebih tenang dalam menjalani masa-masa kehamilan atau anda bisa membaca artikel tentang tips kesehatan yang banyak ditulis media kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar anda yang membangun dan Anti Spam, akan saya kunjungi balik web anda. Terima kasih